Sabtu, 19 Jun 2021 21:00 WIB

6 Fakta Seputar Orgasme Wanita yang Masih Jarang Diketahui

Destria - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme Fakta-fakta orgasme pada wanita yang belum diketahui. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Orgasme adalah reaksi puncak seksual yang intens, biasanya dipicu oleh rangsangan seksual. Orgasme dapat bervariasi dalam intensitas, durasi, dan frekuensi.

Mungkin tidak semua orang tahu mengenai fakta-fakta orgasme yang berkaitan dengan wanita. Dilansir dari mindbodygreen, berikut beberapa yang belum banyak diketahui mengenai orgasme:

1. Wanita sebetulnya tidak selalu kesulitan untuk orgasme

Terutama bagi para pemilik vagina, banyak orang menggambarkan orgasme sebagai sesuatu yang misterius, sulit dipahami, dan bahkan jarang terjadi. Meskipun faktanya sekitar 95 persen wanita biasanya orgasme dengan mudah saat masturbasi.

2. Edukasi seks mempermudah orgasme

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Sex Education menyurvei wanita sebelum dan sesudah mengikuti kelas seks. Beberapa dari mereka mengambil kursus umum tentang seksualitas manusia dari perspektif antropologis, sementara yang lain mengambil kursus yang secara khusus berbicara tentang kesenjangan orgasme.

Para wanita yang mengikuti kursus melaporkan mengalami orgasme yang lebih banyak dan lebih baik.

3. Wanita bisa orgasme saat tidur

Pada tahun 1953, peneliti seks Alfred Kinsey menemukan 37 persen wanita bisa mengalami orgasme dari mimpi. Satu studi jurnal Psychology & Sexuality menyebut satu dari lima wanita bisa mengingat memiliki mimpi erotis.

4. Tidak semua orgasme bersifat seksual

Banyak orang bisa mengalami orgasme sebagai respons terhadap situasi dan pengalaman yang biasanya nonseksual, seperti turbulensi, menyikat gigi, stimulasi pergelangan kaki, melahirkan, menyusui, mendengarkan musik tertentu, dan banyak lagi hal yang tidak biasa.

5. Pria sulit tahu kapan wanita orgasme

Sebuah studi di Journal of Sexual Medicine menanyakan kepada lebih dari 1.600 pasangan heteroseksual yang sudah menikah, tentang kehidupan seks mereka. Hasilnya ditemukan 43 persen suami salah paham seberapa sering istri mereka mengalami orgasme.

6. Merangsang leher rahim dapat memicu orgasme

Serviks atau silinder jaringan yang menghubungkan rahim ke vagina juga bisa menjadi area yang sangat sensitif, dan orgasme bisa terjadi apabila benar-benar terangsang.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)