Kamis, 24 Jun 2021 19:30 WIB

5 Alasan di Balik Selalu Merasa 'Horny' Setiap Waktu

Ardela Nabila - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Ada beberapa alasan gairah seks meledak-ledak. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernah mengalami libido yang tiba-tiba meningkat drastis, sehingga menjadi lebih mudah terangsang? Biasanya, libido yang meledak-ledak terjadi ketika seseorang memasuki masa pubertas. Perasaan mudah terangsang tersebut merupakan hal yang sangat normal terjadi.

Meski merasa terangsang merupakan respons alami dari tubuh, gairah seks yang sudah membuat tidak nyaman dan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari perlu diwaspadai.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi libido yang mendadak meledak-ledak, seperti faktor biologis, psikologis, dan sosial. Namun, jika kamu tiba-tiba menjadi lebih mudah terangsang dari biasanya, maka ada sejumlah kemungkinan penyebabnya.

Dikutip dari laman Healthshots, berikut 5 kemungkinan yang menyebabkan gairah seks mendadak meningkat drastis.

1. Perubahan hormon

Seperti diketahui, perubahan hormon berperan penting terhadap dorongan seks. Tingkat hormon sendiri bisa berbeda-beda sesuai dengan usia, terutama saat seseorang memasuki masa pubertas dan memasuki masa menopause. Perubahan pada hormon ini merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan kamu menjadi lebih mudah terangsang.

2. Siklus menstruasi

Wanita mungkin sudah menyadari bahwa saat memasuki siklus menstruasi gairah seks mendadak meningkat. Pasalnya, saat menstruasi, terdapat perubahan pada hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi naik atau turunnya libido.

Walhasil, wanita menjadi lebih mudah terangsang di masa-masa paling suburnya. Tak perlu khawatir jika kerap merasa demikian saat menstruasi, sebab hal ini menandakan bahwa kamu memiliki sistem reproduktif yang sehat.

3. Masturbasi

Kebanyakan orang berpikir bahwa masturbasi bisa memenuhi hasrat untuk bercinta. Padahal sebenarnya, masturbasi justru akan membuat libido semakin meledak-ledak, sehingga kamu menjadi lebih mudah terangsang lantaran adanya peningkatan aktivitas seksual.

4. Hiperseksualitas

Kecanduan seks dan hiperseksualitas sering kali dikaitkan dengan isu kesehatan mental yang bisa ditangani dengan bantuan medis. Seseorang yang sudah kecanduan seks akan terus merasa terdorong untuk melakukannya. Apabila merasa bahwa seks sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera cari bantuan profesional.

5. Konsumsi alkohol dan obat-obatan

Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan ternyata juga bisa mempengaruhi libido lho. Saat kamu merasa lebih rileks, tubuh bisa saja menjadi lebih mudah terangsang. Menurut sebuah ulasan yang terbit di jurnal Recent Developments in Alcoholism, alkohol terbukti mempengaruhi hasrat seksual, gairah, dan kesenangan seseorang.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)