Jumat, 02 Jul 2021 20:57 WIB

5 Penyebab Gairah Seks Tiba-tiba Redup

Ardela Nabila - detikHealth
Thoughtful woman sitting on bed while her husband sleeping Foto: Getty Images/101dalmatians
Jakarta -

Gairah seks yang menurun drastis dari biasanya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya, libido yang menurun ditandakan oleh ketidakinginan untuk bercinta atau tidak terlalu menikmati sesi bercinta bersama pasangan.

Meski hal ini merupakan masalah yang tak jarang dialami oleh pria dan wanita, tak ada salahnya mencoba mencari tahu penyebab libido menurun secara tiba-tiba. Dikutip dari situs Independent, ini 5 kemungkinan mengapa gairah seks tiba-tiba menurun.

1. Kelelahan

Aktivitas sehari-hari yang terlalu banyak kerap membuat tubuh menjadi kelelahan. Menurut studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, satu dari empat pasangan di Amerika mengaku terlalu lelah untuk berhubungan intim dengan pasangan di malam hari.

Sementara itu, studi lain di The Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa kurang tidur bisa berpengaruh negatif terhadap libido seseorang.

2. Stres

Tekanan di kantor atau masalah yang sedang dihadapi memang sering kali membuat stres. Saat sedang stres, biasanya kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat. Kortisol sendiri merupakan hormon yang bisa merusak suasana hati seseorang, termasuk keinginan untuk bercinta.

3. Ketidakseimbangan hormon

Sejumlah aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang, salah satunya adalah mengonsumsi pil KB. Meski pil ini tidak terbukti bisa memengaruhi libido, pil ini bisa memengaruhi hormon orang yang mengonsumsinya. Untuk mencari tahu lebih lanjut, kamu bisa konsultasi dengan dokter yang bersangkutan.

4. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh tidak hanya bisa menyebabkan sakit kepala, tetapi juga bisa menyebabkan vagina menjadi kering. Vagina yang kering akan menyebabkan seks menjadi terasa tidak nyaman. Akibatnya, gairah seks pun ikut menurun.

5. Mengonsumsi obat-obatan

Apakah kamu baru-baru ini sedang dalam masa pengobatan? Maka, bisa saja hal ini merupakan alasan di balik libido yang tiba-tiba menurun drastis. Untuk memastikan apakah obat-obatan yang dikonsumsi merupakan penyebab utamanya, kamu bisa mencari tahu efek samping obat tersebut dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengembalikan gairah seks.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)