Selasa, 06 Jul 2021 19:30 WIB

Dicatat Para Suami! Variasi Bercinta yang Berisiko Bikin Mr P Cedera

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi ereksi Foto: iStock
Jakarta -

Pria pernah bertanya-tanya apakah penis bisa 'patah' atau mengalami cedera? Ternyata, posisi seks tertentu bisa menyebabkan penis mengalami peristiwa ini, lho.

Menurut studi yang diterbitkan di International Journal of Impotence Research, sejumlah variasi bercinta memiliki risiko lebih tinggi dapat menyebabkan cedera pada penis daripada variasi seks lainnya.

Dalam studi tersebut, penelitian dilakukan pada 90 pasien yang berusia di antara 18-66 tahun yang mengalami cedera penis. Peneliti menemukan, sebanyak 77 persen cedera tersebut disebabkan oleh aktivitas seksual.

Ternyata, 40 persen pria mengaku penisnya mengalami cedera saat bercinta dengan posisi doggy style, missionary, dan woman on top.

Umumnya, cedera pada penis terjadi ketika pria terlalu memberikan tekanan pada ereksi. Sebab, pada jaringan penis terdapat tabung semacam spons yang akan menjadi kaku apabila terisi dengan darah.

Menurut ahli urologi Tobias Köhler, MD, tabung tersebut tidak akan menekuk apabila dipukul dengan tekanan tertentu, tetapi ia akan 'pecah'. Ketika hal tersebut terjadi, maka pria akan mengalami nyeri, bengkak, dan penyumbatan darah pada penisnya.

Berbeda dengan studi yang satu ini, studi lain di Brazil menemukan bahwa posisi woman on top merupakan posisi yang paling berisiko pada penis. Sebab, pada posisi ini wanita memiliki kontrol terhadap kecepatan dan dorongan saat penetrasi.

Jika wanita melakukan kesalahan, maka penis bisa berisiko cedera. Meski begitu, hal ini bukan berarti pasangan tidak boleh bercinta dengan sejumlah posisi tersebut. Hanya saja, sebaiknya jangan terlalu berlebihan saat melakukan dorongan ketika penetrasi.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)