Jumat, 09 Jul 2021 19:40 WIB

Studi: Golongan Darah 'O' Lebih Kebal Disfungsi Ereksi, Lainnya Bagaimana?

Ardela Nabila - detikHealth
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike
Jakarta -

Darah merupakan komponen penting agar pria bisa ereksi. Ketika darah yang mengalir ke penis tidak lancar, maka pria akan mengalami kesulitan menjaga ereksinya, terutama saat bercinta.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata golongan darah pria juga bisa menentukan seberapa kuat pria bisa ereksi?

Menurut sebuah penelitian di Turki, pria bergolongan darah O memiliki risiko lebih rendah mengalami disfungsi ereksi daripada pria bergolongan darah A, B, atau AB.

Faktanya, pria yang memiliki tipe darah A dan B memiliki risiko mengalami disfungsi ereksi empat kali lebih tinggi dibandingkan pria dengan tipe darah O. Sementara itu, pria yang memiliki golongan darah AB memiliki risiko hampir lima kali lebih tinggi.

Sebelumnya, para ahli telah meneliti bahwa sejumlah golongan darah, terutama AB, lebih rentan mengalami beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan pembekuan darah.

Mekanisme yang sama-sama bertanggung jawab terkait kondisi tersebut itu dianggap memiliki kemungkinan yang sama dengan hubungan antara golongan darah dengan disfungsi ereksi.

Faktanya, studi terdahulu menyimpulkan bahwa masalah disfungsi ereksi bisa saja merupakan tanda adanya penyakit jantung. Sebab, arteri pada penis lebih kecil dari arteri lainnya di sekitar jantung, sehingga menimbulkan efek dari kerusakan tersebut, yakni berupa disfungsi ereksi.

Selain itu, pria bergolongan darah A dan B memiliki kemungkinan memiliki tingkat molekul adhesi yang lebih tinggi dalam darah mereka. Hal ini lah yang bisa menyebabkan penumpukan plak pada arteri.

Apabila plak menumpuk di pembuluh darah, maka aliran darah ke jantung dan penis akan tersumbat. Akibatnya, risiko penyakit jantung dan disfungsi ereksi ikut meningkat. Meski penelitian di Turki menyatakan demikian, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih rinci.



Simak Video "Golongan Darah A Paling Berisiko Terinfeksi Parah Sars-CoV-2"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)