Selasa, 20 Jul 2021 19:25 WIB

Jangan Langsung Tidur! Ini Lho Alasan Pipis Usai Bercinta Itu Penting Banget

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Foto: thinkstock
Jakarta -

Sudahkah Anda membiasakan buang air kecil setelah bercinta? Tak boleh disepelekan, rupanya penting sekali lho untuk pipis setelah bercinta. Memang, apa sih fungsinya? Apa bahayanya langsung tidur setelah bercinta tanpa menyempatkan pipis terlebih dulu?

Buang air kecil adalah langkah pertama untuk membersihkan area intim setelah bercinta. Bahkan, dokter juga merekomendasikan pipis sebelum bercinta.

"Dengan buang air kecil baik sebelum dan sesudah berhubungan seks, aliran urin secara otomatis membersihkan dan membuang bakteri yang bisa masuk ke uretra, tempat Anda buang air kecil," terang ginekolog dr Alyssa Dweck, dikutip dari Insider, Selasa (20/7/2021).

"Kencing sebelum berhubungan seks juga bisa bermanfaat karena mendekompresi kandung kemih untuk kenyamanan," lanjutnya.

Bukan cuma untuk wanita

Banyak orang berpikir, pipis sebelum dan sesudah berhubungan seks ini hanya perlu dilakukan oleh wanita. Padahal, langkah ini tak kalah penting dilakukan oleh pria.

dr Dweck menjelaskan, uretra pada pria memang lebih panjang dibandingkan wanita sehingga risiko terkena infeksi lebih rendah. Namun hal itu tak menjamin pria bebas dari risiko infeksi, terlebih dari hubungan seks yang tak diproteksi kondom.

"Dalam anatomi wanita, uretra, vagina, dan rektum semuanya berdekatan satu sama lain sehingga ada risiko lebih tinggi bakteri ini menular daerah rektum ke uretra Anda saat berhubungan seks," ujarnya.

"Jadi, dengan membuang bakteri itu, Anda mengurangi kemungkinan terkena infeksi saluran kemih," pungkas dr Dweck.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)