Selasa, 27 Jul 2021 19:00 WIB

7 Fakta Unik Puting Payudara, Bisa Ada Lebih dari Dua dan Berambut

Firdaus Anwar - detikHealth
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Puting payudara seringnya dianggap sebagai salah satu bagian intim sehingga jarang diperbincangkan secara umum. Dampaknya mungkin jadi masih banyak orang yang belum tahu tentang serba-serbi payudara.

Padahal menurut ahli penting untuk tahu hal apa saja yang normal atau tidak pada puting payudara. Tujuannya supaya bisa menyadari bila muncul masalah kesehatan di kemudian hari.

"Puting payudara bisa bermacam-macam dan berbeda pada tiap orang," komentar spesialis kandungan di Von Voigtlander Women's Hospital, Dana Scott, dan dikutip dari Women's Health, Selasa (27/7/2021).

Berikut fakta-fakta unik soal puting payudara yang mungkin masih belum kamu tahu:

1. Masuk ke dalam

Sebagian orang bisa memiliki puting payudara yang bentuknya masuk ke dalam atau terbalik (inverted nipple). Biasanya hal ini disadari ketika seseorang masuk usia remaja.

Dana mengatakan tidak ada hal buruk dari puting payudara yang terbalik. Hanya saja beberapa wanita mungkin akan merasa jadi lebih sulit saat menyusui.

"Wanita mungkin perlu sedikit menyesuaikan payudaranya agar bisa menyusui lebih baik," komentar Dana.

2. Tumbuh rambut

Area kulit di sekitar puting payudara (areola) sama seperti area kulit lainnya, sehingga wajar bila kemudian tumbuh rambut. Ketebalan dan panjang rambut yang tubuh bisa berbeda-beda untuk tiap orang tergantung dari berbagai faktor.

Pada wanita biasanya rambut di sekitar puting payudara juga akan tumbuh lebih banyak saat sedang hamil karena ada perubahan hormon.

3. Bisa tampak makin besar atau gelap

Areola juga bisa tampak makin besar atau gelap saat seorang wanita hamil atau menyusui. Ini merupakan hal yang wajar dan merupakan proses alami karena perubahan hormon.

"Ini membantu Anda menyusui lebih baik," kata Dana.

Wanita baru perlu curiga bila perubahan-perubahan tersebut terjadi tanpa sebab yang jelas. Karena bisa jadi itu tanda kanker.

4. Puting ekstra

Ada beberapa orang yang mungkin memiliki puting ekstra di payudaranya. Kondisi yang disebut supernumerary nipple ini terjadi karena kelainan saat lahir.

Puting ekstra yang ada tersebut seringnya tidak akan menyebabkan masalah kesehatan berarti.

5. Melar

Pada beberapa wanita yang mungkin sudah pernah menyusui atau lebih tua, putingnya bisa tampak lebih panjang seperti melar. Dana mengaku sudah beberapa kali menerima permintaan operasi dari wanita yang merasa tidak percaya diri karena hal ini.

Padahal sebenarnya ini hal yang wajar dan tidak berbahaya untuk kesehatan.

6. Bocor

Puting payudara biasanya mulai bisa mengeluarkan cairan susu saat seorang wanita hamil. Namun, kadang ada beberapa kondisi yang membuat payudara tampak bocor mengeluarkan cairan putih.

Dana menyarankan sebaiknya memeriksakan diri untuk tahu kondisi kesehatan payudara. Apalagi bila cairan yang dihasilkan tampak kemerahan seperti darah, karena bisa jadi tanda kanker.

7. Menyamping

Tidak semua puting akan berada di depan payudara. Terkadang beberapa orang memiliki puting yang tampak lebih ke arah samping.

"Ini karena genetik. Kondisi ini bisa semakin menonjol bila kemudian payudara dipasang implant," komentar Dana.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)