Rabu, 28 Jul 2021 05:00 WIB

Pagi-pagi Mr P Malas Berdiri, Gejala Disfungsi Ereksi? Ini Faktanya

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Size matters. Big banana contest. Foto: iStock
Jakarta -

Bangun dengan kondisi ereksi adalah hal wajar yang terjadi pada pria yang sehat. Tetapi, bagaimana jika seorang pria tidak mengalaminya? Apakah itu pertanda ia mengalami disfungsi ereksi?

Dikutip dari Verywellhealth, ereksi di pagi hari adalah hal yang sangat normal dialami pria. Ereksi terjadi selama tahap tidur yang disebut tidur rapid eye movement (REM).

Selama fase tidur REM, sistem tubuh diuji, termasuk fungsi jaringan ereksi di dalam penis. Saraf parasimpatis memicu jaringan menjadi penuh dengan darah dan kemudian mengeras.

Karena periode REM terakhir sering terjadi tepat setelah bangun, pria akan sering terbangun dengan ereksi. Bagaimana jika hal ini tidak terjadi?

Ada beberapa alasan mengapa pria dewasa tidak bisa bangun dengan ereksi pagi. Pria mungkin tidak bangun dengan ereksi jika mereka tidak keluar dari tidur REM pada saat itu.

Kurangnya ereksi pagi juga bisa menjadi tanda disfungsi ereksi atau impotensi. Jika seorang pria tidak mengalami ereksi pagi dan di waktu lainnya, ini bisa menjadi petunjuk yang bagi dokter untuk mendiagnosis apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Selain itu, disfungsi ereksi mungkin lebih sering terjadi pada defisiensi testosteron. Dengan demikian, pria dengan penyebab fisiologis impotensi tidak akan mengalami ereksi saat bangun pagi.

Beberapa pria juga tidak bisa ereksi karena masalah psikologis. Hal ini juga bisa terjadi karena gangguan kecemasan. Kurangnya gairah atau respons seksual dapat menyebabkan impotensi.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)