Kamis, 29 Jul 2021 19:00 WIB

Wajib Tahu! Ini 5 Tanda Seorang Pria Keseringan Masturbasi

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Three ripe yellow bananas on a bright red paper background. Flat lay, copy space, concept postcard or banner Foto: Getty Images/iStockphoto/ed chechine
Jakarta -

Masturbasi berlebihan disebut memiliki dampak negatif bagi tubuh. Kenyataannya adalah tidak ada ukuran yang baku untuk mengatakan masturbasi sudah berlebihan.

Menurut International Society for Sexual Medicine, beberapa orang mungkin melakukan masturbasi lebih dari yang lain.

Tidak ada aturan seperti frekuensi 'normal' untuk masturbasi. Beberapa melakukannya setiap hari, beberapa mingguan, dan beberapa jarang. Bahkan beberapa orang mungkin tidak pernah melakukannya.

Terapis kecanduan seks bersertifikat dan konselor klinis Dan Drake menyebut, seberapa sering seseorang bermasturbasi tidak akan menjadi masalah sampai hal itu mulai memengaruhi hidup orang tersebut secara negatif.

Jadi kapan kebiasaan masturbasi yang tidak berbahaya berubah menjadi masalah? Berikut adalah tanda-tanda fisik dan psikologis yang perlu diketahui.

1. Menyakiti diri sendiri

Beberapa pria sering melakukan masturbasi sehingga mereka benar-benar melukai diri mereka sendiri, kata Tobias Köhler, M D, seorang ahli urologi di Southern Illinois University.

Cedera ini bisa ringan (misalnya, gesekan kulit) atau kondisi yang lebih serius seperti penyakit Peyronie, atau penumpukan jaringan parut di batang penis yang dapat diakibatkan oleh terlalu banyak gesekan.

2. Pekerjaan terbengkalai

Jika seseorang tidak dapat menyelesaikan tugas pekerjaan karena Anda bisa berhenti memikirkan masturbasi, saat itulah menjadi masalah.

Jika seseorang terus-menerus menonton film porno di tempat kerja atau terlambat menghadiri rapat karena masturbasi di kamar mandi, kemungkinan besar ia memiliki masalah.

3. Pertemanan renggang

Seseorang membatalkan pertemanan karena suka tinggal di rumah dan melakukan masturbasi? Jika seseorang mulai menarik diri karena sibuk memikirkan masturbasi, itu bisa jadi tanda ada masalah.

4. Kehidupan seks berubah

Beberapa pria yang sering melakukan masturbasi menggunakan satu jenis rangsangan tertentu seperti film dewasa tertentu yang digabungkan dengan gerakan tangan tertentu.

Ketika tiba saatnya bagi mereka untuk benar-benar berhubungan seks, mereka menemukan bahwa mereka hanya berekspektasi pada sebuah gambaran yang semu.

Ketika seseorang berhubungan seks dengan pasangan di kehidupan nyata, ini dapat menyebabkan masalah serius.

5. Terobsesi untuk masturbasi.

Ingin masturbasi tanpa peduli kapan dan di mana ia berada. Jika pernah mengalaminya, itu indikasi kuat bahwa seseorang memiliki masalah.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(Rita Puspita Rachmawati/up)