Senin, 02 Agu 2021 20:34 WIB

Miss V Gatal dan Gampang Keputihan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: thinkstock
Jakarta -

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada wanita. Namun jika keputihan disertai dengan rasa gatal, tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Dikutip dari Cleveland Clinic, dalam waktu sebulan, biasanya akan ada masa di mana keputihan keluar atau di akhir masa periode menstruasi.

Keputihan yang normal terjadi saat vagina mengeluarkan cairan yang biasanya jernih atau sedikit keruh, tidak menyebabkan iritasi, dan sedikit bau.

Tetapi ketika keputihan memiliki bau yang sangat menyengat dan membuat iritasi, maka keputihan tersebut dianggap tidak normal.

Rasa gatal bisa muncul di area intim, terlebih di malam hari. Lalu apa penyebabnya?

Dikutip dari Medical News Today, gatal yang masih ringan sering diakibatkan karena penggunaan produk yang mengiritasi kulit sensitif di sekitar vagina.

Misalnya penggunaan pembalut, bahan pakaian dalam, sabun, detergen pakaian dalam, dan lainnya. Biasanya rasa gatal akan hilang jika berhenti menggunakan produk yang memicu gatal pada kulit.

Para ahli kesehatan tidak menyarankan menggunakan produk untuk membersihkan daerah kewanitaan, karena sebenarnya vagina bisa membersihkan dirinya sendiri.

Produk pembersih yang digunakan justru akan mengganggu kemampuan vagina dalam membersihkan.

Lalu apalagi penyebab gatal pada vagina dan bagaimana cara mengatasinya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)