Selasa, 10 Agu 2021 20:54 WIB

Dikaitkan dengan 'Tes Keperawanan' TNI AD, Apa Itu Selaput Dara alias Hymen?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
female hand holding a heart shape closeup Foto: iStock
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjelaskan 'tes keperawanan' tidak lagi dilakukan TNI AD terhadap calon Kowad. Tes ini dilakukan dengan memeriksa hymen atau selaput dara.

"Hymen atau selaput dara tadinya juga merupakan satu penilaian (dalam seleksi siswa pendidikan pertama Kowad), apakah hymen utuh atau ruptur sebagian atau ruptur yang sampai habis," jelas Andika kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

"Sekarang tidak ada lagi. Karena tujuan penyempurnaan materi seleksi itu, lebih ke kesehatan. Sehingga yang tidak berhubungan lagi dengan itu, ya tidak perlu lagi," terangnya.

Arahan Jenderal Andika mendapat sambutan positif Human Rights Watch (HRW), yang dinilai sebagai isyarat tes keperawanan akan dihapuskan. Disebutkan, tes keperawanan adalah bentuk kekerasan berbasis gender.

"Pengujian tersebut mencakup praktik invasif memasukkan dua jari ke dalam vagina untuk menilai apakah wanita tersebut sebelumnya pernah berhubungan seks," tulis HRW di situsnya.

Apa itu hymen atau selaput dara?

Dikutip dari Medicalnewstoday, hymen atau selaput dara adalah jaringan tipis di lubang vagina. Bentuknya beragam, dan bahkan tidak semua wanita memilikinya.

Disebutkan, selaput dara bisa sobek atau melar karena berbagai sebab, salah satunya hubungan seksual. Namun tidak seperti mitos yang beredar, hubungan seks bukan satu-satunya penyebab kerusakan selaput dara.

Bahkan, tidak selalu hubungan seks berdampak pada sobeknya selaput dara, karena elastisitas lapisan tersebut berbeda-beda pada tiap individu.

Beberapa penyebab robeknya selaput dara selain hubungan seks antara lain:

  • Mengendarai kuda
  • Senam lantai
  • Bersepeda
  • Penggunaan tampon atau menstrual cup
  • Pemeriksaan oleh dokter kandungan

Para pakar kesehatan reproduksi menegaskan kondisi selaput dara sama sekali tidak berhubungan dengan status keperawanan. Ditegaskan, keperawanan bahkan bukan merupakan istilah medis.



Simak Video "Kecaman Terhadap Layanan Tes Keperawanan di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)