Rabu, 11 Agu 2021 20:30 WIB

Ukuran Mr P Normal saat Ereksi Menurut Studi, Segini Ternyata..

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami perubahan fisik. Bagi pria, penis akan mulai bertumbuh ketika sudah menginjak usia pubertas.

Dikutip dari Verywell Health, pertumbuhan penis dipengaruhi oleh hormon pubertas. Dengan demikian, penis mulai bertumbuh lebih cepat dari biasanya pada rentang usia 12-16 tahun.

Ketika bertumbuh, penis cenderung akan berkembang dengan cara memanjang terlebih dahulu. Kemudian, ukuran penis akan menjadi semakin besar dan lebar.

Mungkin kamu akan memperhatikan bagaimana cara tubuhmu berkembang, termasuk pada bagian penis. Mereka akan terlihat berubah dengan sangat cepat dalam waktu beberapa minggu, kemudian ukurannya tetap sama selama beberapa bulan hingga akhirnya berubah lagi.

Umumnya pertumbuhan penis akan mencapai ukuran maksimal pada rentang usia 18-21 tahun.

Penting untuk diketahui, ukuran penis tidak akan berpengaruh dari cepat atau lambatnya pertumbuhan alat vital tersebut dimulai. Jadi, tak perlu khawatir apabila penismu telat berkembang.

Berapa ukuran penis yang normal?

Dikutip dari Medical News Today, terdapat sejumlah penelitian yang menganalisis tentang rata-rata ukuran penis pada setiap pria di berbagai negara. Salah satunya dilakukan oleh peneliti di India pada tahun 2007. Berikut rata-rata ukuran penis setiap pria.

  • Panjang penis sebelum ereksi: 7-10 cm
  • Panjang penis saat ereksi: 12-16 cm.


Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)