Sabtu, 14 Agu 2021 21:00 WIB

Gairah Bercinta Perlahan Meredup? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Syifa Aulia - detikHealth
young asian couple with relationship problem appear depressed and frustrated. Foto: Getty Images/iStockphoto/imtmphoto
Jakarta -

Hilangnya gairah seks dari waktu ke waktu adalah hal yang umum. Ini bisa terjadi karena tingkat libido dalam tubuh bervariasi.

Hal yang harus dicurigai adalah ketika libido rendah dalam jangka waktu yang lama. Kondisi tersebut patut dikhawatirkan karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang.

Testosteron yang rendah bisa menjadi penyebab internal menurunnya libido. Testosteron merupakan hormon penting pada pria yang berperan dalam membentuk otot dan massa tulang, serta berfungsi untuk merangsang produksi sperma. Hormon ini memiliki jumlah yang bervariasi dalam kondisi normal.

Namun, hilangnya gairah seks bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya yang dikutip dari Web MD.

1. Kurang Tidur

Orang yang memiliki masalah tidur, seperti kurang tidur atau waktu tidur yang berantakan dapat menyebabkan gairah seksual berkurang. Maka, penting untuk memperbaikinya agar kembali mendapat gairah seks.

2. Stres

Pikiran yang stres membuat seseorang tidak bersemangat terhadap seks. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk melakukan sesuatu yang disukai agar tingkat stres menurun.

3. Obat-obatan

Beberapa obat dapat mempengaruhi keinginan untuk berhubungan seksual. Obat tersebut sebagai contoh antidepresan, obat tekanan darah, pil KB, kemoterapi, finasterida, dan obat HIV.

4. Obesitas

Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung tidak memiliki minat untuk berhubungan seksual. Biasanya penderita obesitas merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya.

5. Disfungsi ereksi

Pria dengan disfungsi ereksi sering merasa khawatir terkait bagaimana cara agar dapat berhubungan intim. Rasa khawatir itu secara perlahan dapat menghilangkan keinginan untuk melakukan hubungan intim.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)