Rabu, 25 Agu 2021 20:30 WIB

5 Makanan Penambah Sperma, Tambah Lincah dan Makin Berlimpah

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
ilustrasi sperma Makanan penambah sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi kesuburan. Seperti organ lain dalam tubuh manusia, kinerja sistem reproduksi bergantung pada nutrisi dan vitamin yang disuplai ke dalamnya. Oleh karenanya, banyak orang mencari tahu apa saja makanan penambah sperma.

Makanan dapat memengaruhi kesehatan reproduksi seseorang secara positif. Beberapa jenis makanan juga dipercaya dapat meningkatkan produksi testosteron, sehingga meningkatkan jumlah sperma dan kualitas sperma.

Ada banyak makanan penambah sperma dan berikut beberapa di antaranya.

1. Telur

Mengonsumsi telur adalah pilihan yang sehat untuk meningkatkan jumlah sperma. Telur mengandung protein yang dapat melindungi sperma dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan motilitas.

Nutrisi yang ada dalam telur membantu produksi sperma yang lebih kuat dan sehat serta meningkatkan kesuburan.

2. Bayam

Asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan seseorang untuk perkembangan sperma yang sehat. Sayuran berdaun adalah sumber yang kaya asam folat dan bayam adalah salah satu sayuran yang ideal.

Kadar asam folat yang lebih tinggi pada bayam juga mengurangi jumlah sperma abnormal dalam air mani sehingga meningkatkan peluang keberhasilan penetrasi sperma ke dalam sel telur.

3. Pisang

Makanan penambah sperma lainnya adalah pisang. Pisang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang dapat membantu tubuh memproduksi sel sperma yang lebih sehat dan kuat.

Selain kaya akan vitamin, pisang juga mengandung enzim langka yang dikenal sebagai Bromelain. Enzim ini mencegah peradangan serta membantu tubuh meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

4. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang tinggi vitamin C dan memiliki sejumlah efek positif pada sperma. Kandungan asparagus dapat melawan radikal bebas serta melindungi sel-sel testis, membuka jalan untuk jumlah sperma yang lebih baik, meningkatkan motilitas, dan meningkatkan kualitas sperma.

Kacang-kacangan juga termasuk makanan penambah sperma. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]