Jumat, 27 Agu 2021 19:54 WIB

Awas! Ini Bahaya Melumasi Miss V dengan Air Liur Saat Bercinta

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Amankah lumasi Miss V dengan air liur? (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, menggunakan air liur sebagai pelumas saat berhubungan seks merupakan hal normal. Namun, ternyata hal tersebut berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Hal ini disampaikan dokter spesialis kulit & kelamin, dokter Niveditha Manokaran, melalui laman instagramnya @dr_nive_untaboos.

Menggunakan air liur sebagai pelumas saat berhubungan seks berbahaya karena air liur merupakan cairan dari tubuh yang memiliki kecenderungan untuk menyebarkan infeksi.

Menurut dr Manokaran, IMS berisiko tinggi ditularkan melalui air liur. Salah satu penyakit seksual menular, yaitu herpes genital. Penyakit ini sering kali muncul dalam bentuk lecet dan luka atau luka melepuh di area kelamin.

Penyakit seksual menular lain, di antaranya gonore, klamidia, HPV, sifilis, dan trikomoniasis. Melakukan oral seks juga bisa memicu Infeksi Menular Seksual.

Tak hanya itu, air liur bisa menyebabkan infeksi vagina. Bakteri dalam air liur sangat berbeda dengan bakteri di vagina sehingga saat air liur memasuki area vagina bisa mengganggu mikrobioma vagina dan berisiko menimbulkan infeksi, seperti vaginosis bakteri.

Kalau begitu, perlukah menggunakan kondom untuk seks oral? dr Manokaran sangat menganjurkan penggunaan kondom saat melakukan seks oral untuk mencegah Infeksi Menular Seksual.

"Ya, bisa menggunakan kondom dan dam gigi selama seks oral untuk mencegah penularan infeksi," kata Dr Manokaran.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)