Sabtu, 28 Agu 2021 06:20 WIB

Di Ranjang Kurang Bergairah? Sempatkan Berjemur Pagi Ini

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ilustrasi wisatawan di pantai bali, berjermur, menikmati pantai. Ilustrasi berjemur (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Percaya atau tidak, berjemur di bawah sinar matahari bisa meningkatkan gairah seksual. Studi baru yang dipublikasikan di jurnal Cell Reports menemukan, seseorang yang banyak terpapar sinar matahari bisa melepaskan tingkat hormon seksual.

Penelitian ini dilakukan para peneliti dari Tel Aviv University dengan melibatkan 32 orang dewasa. Orang-orang tersebut diberikan paparan sinar matahari dengan tingkat radiasi ultraviolet yang berbeda.

Setiap orang dalam penelitian, diminta untuk menghindari sinar matahari selama dua hari, kemudian berjemur selama 25 menit. Hasil menemukan, baik pria maupun wanita mengalami peningkatan gairah seksual.

Selain meningkatkan kadar hormon seksual, paparan UV bisa meningkatkan kadar testosteron pada pria sehingga bisa membuat mereka lebih agresif.

Penemuan ini berpotensi sebagai perawatan UVB untuk gangguan hormon seksual Di masa depan. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Penelitian juga menghimbau setiap orang berhati-hati dengan dampak paparan sinar matahari yang berlebih.

"Kita harus ingat bahwa paparan sinar UV berbahaya dan dapat merusak DNA, seperti pada kasus kanker kulit," tulis studi tersebut.

Profesor Carmit Levy selaku penulis studi, mengatakan para ilmuwan telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa radiasi UV dari sinar matahari bisa meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Lebih lanjut studi menemukan, baik pria maupun wanita yang mendapatkan perawatan fototerapi UVB (perawatan menggunakan radiasi ultraviolet) mengalami peningkatan gairah seksual dengan libido yang lebih tinggi dan minat berhubungan seksual yang meningkat.

Sementara tes darah mengungkapkan bahwa paparan sinar matahari menyebabkan pelepasan hormon yang lebih tinggi seperti testosteron dibanding saat sebelum terpapar sinar matahari.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)