Sabtu, 28 Agu 2021 21:00 WIB

Sering Pusing Pasca Berhubungan Seks, Bahaya Nggak Sih?

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Ilustrasi seks. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Berhubungan seks menjadi salah satu pilihan aktivitas untuk memenuhi hasrat seksual. Saat berhubungan seks, mungkin beberapa pasangan mengeluarkan keringat berlebih saat merasakan orgasme yang luar biasa.

Kejadian itu pada beberapa orang dapat menyebabkan rasa pusing hingga mual. Namun, kondisi tersebut masih merupakan hal yang aman dan wajar dirasakan setiap orang.

Menurut Denise Moses, MD, FACOG, selaku dokter obgyn bersertifikat di New York, Amerika Serikat, hal itu dapat terjadi karena adanya penurunan tekanan darah.

"Perubahan posisi secara tiba-tiba saat berhubungan seks dapat memengaruhi aliran darah ke seluruh area tubuh hingga tekanan darah berubah. Bahkan pada beberapa orang bisa mengalami vertigo," jelas Moses, dikutip dari Women's Health, Sabtu (28/8/2021).

Moses menjelaskan masalah seperti vertigo dengan gejala ruangan terasa berputar dan seluruh benda terlihat bergoyang atau miring mungkin akan terasa makin buruk saat orgasme.

"Pengalaman ini dapat memburuk ketika Anda berhubungan seks karena pernapasan menjadi lebih cepat, terutama saat orgasme," tuturnya.

dr Moses menghimbau untuk tidak perlu merasa khawatir jika mengalami pusing atau vertigo. Untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk duduk perlahan, minum sedikit air, dan makan sesuatu yang ringan.

"Jika keluhan ini terjadi secara berulang, maka perlu diwaspadai. Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh. Bisa jadi itu menjadi tanda penyakit tertentu," tuturnya.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)