Selasa, 31 Agu 2021 19:37 WIB

Tidur Tanpa Bra Bikin Payudara Kendur, Mitos atau Fakta?

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi bra Copot bra saat tidur bikin payudara kendur? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Memakai bra atau tidak saat tidur menjadi sebuah pilihan bagi wanita. Tidak ada peraturan khusus yang mengatur cara berpakaian wanita saat tidur. Tetapi, beberapa wanita lebih memilih melepas bra ketika tidur untuk menghindari terkena kanker payudara. Benarkah hal tersebut dapat terjadi?

Faktanya, pernyataan tersebut hanya sebuah mitos. Sampai saat ini, masih banyak yang percaya bahwa tidur memakai bra dapat menyebabkan kanker payudara.

Dikutip dari Johns Hopkins Medicine, memakai bra saat tidur tidak akan menjadikan payudara perempuan lebih kencang atau mencegah kendor. Tidur dengan atau tanpa bra itu tidak memengaruhi pertumbuhan dan kanker payudara.

Meski demikian penggunaan bra memang dapat membantu payudara menjadi terlihat lebih kencang. Wanita disarankan memakai bra dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu ketat saat tidur hanya untuk menghindari iritasi.

Dikutip dari Maurer Foundation, The American Cancer Society menegaskan bahwa tidak ada studi epidemiologi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang mengatakan bahwa bra dapat menyebabkan kanker payudara.

Para ahli sepakat bahwa pakaian yang digunakan tidak memiliki dampak terhadap risiko penyakit tersebut. Pasalnya, kanker payudara juga dapat dialami oleh pria yang tidak mengenakan bra. Mitos itu tentu tidak masuk akal jika merujuk pada hal itu. Selain itu, penyakit ini juga telah ada sekitar 1600 SM jauh sebelum bra diciptakan.

Menurut laman Mayo Clinic, kanker payudara sendiri muncul karena ada beberapa sel payudara yang tumbuh secara tidak normal dan membentuk gumpalan. Menurut para peneliti, ada faktor tertentu yang menyebabkan kanker tumbuh, seperti hormonal, gaya hidup, lingkungan, dan mutasi gen atau turunan.



Simak Video "Siswa yang Sudah Divaksin Covid-19 Wajib Unduh PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)