Jumat, 24 Sep 2021 21:00 WIB

Berapa Sih Ukuran Rata-rata Miss V? Ini Rincian Hasil Risetnya

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi vagina Ukuran rata-rata Miss V (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Vagina tidak memiliki ukuran khusus sebagai patokan normal. Hal ini karena ukuran vagina pada setiap perempuan bisa berbeda-beda. Selain ukuran, bentuk dan baunya juga berbeda. Tapi, pernahkah memiliki rasa penasaran terkait ukuran vagina?

Brook McFadden, M.D., asisten profesor yang menangani tentang panggul perempuan dan bedah rekonstruktif di The Ohio State University, melakukan penelitian terhadap ukuran bagian vagina.

Dalam studinya yang terbit di Journal of Minimally Invasive Gynecology, ia melibatkan 168 perempuan dengan usia rata-rata 57 tahun. Berikut rinciannya seperti dikutip dari Women's Health:

Labia Minora

Labia minora adalah bibir vagina bagian dalam yang berukuran kecil dan mengelilingi lubang vagina. Labia minora bagian kiri memiliki lebar kisaran 0,4 hingga 6,4 cm, dengan rata-rata 2,1 cm. Lalu, panjang rata-ratanya 4,0 cm dengan kisaran 1,2 hingga 7,5 cm.

Pada bagian kanan, rata-rata lebarnya 1,9 cm, dengan kisaran 0,3 hingga 7,0 cm. Sedangkan rata-rata panjangnya 3,8 cm, kisaran antara 0,8 hingga 8,0 cm.

Labia Mayora

Adalah bibir vagina bagian luar. Rata-rata memiliki panjang 8,1 cm, dengan kisaran 4,0 hingga 11,5 cm. Seiring bertambahnya usia, ukuran labia minora dan labia mayora menjadi lebih kecil.

Klitoris

Bagian ini terletak di dalam vagina yang berfungsi sebagai organ ereksi. Menurut penelitian McFadden, klitoris memiliki lebar antara 0,2 hingga 2,5 cm dengan rata-rata 0,8. Sedangkan panjangnya antara 0,4 hingga 4,0 cm dengan rata-rata 1,6 cm. Ukuran lebar klitoris bisa meningkat ketika perempuan mengalami orgasme.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]