Jumat, 08 Okt 2021 06:00 WIB

Kepergok si Kecil Saat Bercinta? Ini Cerita Para Ortu yang Mengalaminya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi seks Ilustrasi tepergok saat bercinta (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Bagi kebanyakan pasangan, kehidupan seksual umumnya mengalami banyak penyesuaian pasca-hadirnya si kecil. Sudahlah berhati-hati, selalu ada risiko tepergok ketika curi-curi kesempatan untuk bermesraan.

Dikutip dari Today's Parents, terapis pernikahan dan seks Anna Toth mengatakan bahwa kekhawatiran para orang tua tidak selalu benar. Faktanya, anak belum tentu trauma ketika mendapati situasi semacam itu.

"Mereka mungkin terkejut atau justru mengira orang tuanya sedang berkelahi. Imajinasi anak mungkin membuat mereka memiliki berbagai macam kesimpulan sendiri," katanya.

Tantangannya adalah menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi kepada anak, sesuai dengan usia dan tingkat pemahamannya. Konsultan seks Deborah Roffman menyarankan untuk tidak panik saat tanpa sengaja tepergok anak sedang bercinta, tak lain agar anak tidak ikut panik.

"Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua adalah rileks. Sikap tenang menjadi kunci untuk meredakan situasi canggung ini," jelas Roffman.

Beberapa orang tua berbagi cerita tentang pengalaman menghadapi situasi tersebut. Salah satunya A asal Cirebon, yang mengaku sering tepergok sedang bermesraan dengan suami ketika mengira anaknya yang baru 1 tahun sudah tertidur pulas.

"Jadi ceritanya tuh waktu itu, aku lagi menidurkan Si Kecil karena memang aku, suami, dan Si Kecil sekamar, sudah cukup lama menidurkan, memang sudah terlelap mata nya," tuturnya.

"Tak disangka, saat sedang 'ehem' Si Kecil bangun tanpa suara tangisannya, matanya tertuju kepada aku dan suami. Alhasil stop deh kembali menidurkan si kecil," lanjut A.

Kisah serupa juga diceritakan W asal Kediri, yang mengaku sudah 2 kali menghadapi situasi canggung seperti ini. Seperti A, W juga mengira anaknya sudah terlelap saat ia dan suaminya sedang bercinta.

"Waktu itu melakukannya ketika siang hari. Ketika anak tidur. Kami pikir dia bakal pules ya tidurnya. Ternyata tiba-tiba bangun. Saya enggak terbiasa ngunci kamar, karena anak masih balita jadi kuatiran. Untung aja pakai selimut ketika berhubungan sex waktu itu. Buat jaga-jaga kalau kepergok seperti ini," bebernya.

Bagaimana para orang tua ini menghadapi rasa panik sekaligus canggung, serta menjelaskannya pada si kecil?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)