Jumat, 22 Okt 2021 18:48 WIB

8 Herbal Pendongkrak Libido, Bisa Dicoba Saat Pasangan Mulai Loyo

Astika - detikHealth
Thoughtful woman sitting on bed while her husband sleeping Herba pendongkrak libido (Foto: Getty Images/101dalmatians)
Jakarta -

Libido (gairah seksual) memegang peranan penting dalam aktivitas seksual. Namun sayangnya, baik pria maupun laki-laki sering dihadapi dengan isu menurunnya libido ini.

Bagi wanita, menurunnya gairah seksual merupakan isu yang cukup umum terjadi. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan 36% wanita di usia 30-70 tahun mengalami hal tersebut.

Sedikit berbeda, bagi kaum laki-laki, faktor terbesarnya adalah di umur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hormon testosteron yang berperan penting dalam menggerakkan hasrat seksual mengalami penurunan seiring bertambahnya umum.

Selain menggunakan pendekatan medis untuk tingkatkan gairah seksual, berikut 8 tanaman herbal yang dapat menjadi solusi:

1. Ginseng India (ashwagandha)

Ashwagandha sebagai pengobatan tradisional dari India diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi wanita sehingga meningkatkan sensitivitas dan gairah seksual.

2. Akar maca (Peruvian gingseng)

Sudah digunakan ratusan tahun, akar maca menjadi pilihan untuk atasi infertilitas (gangguan kesuburan). Wanita yang gunakan akar maca menunjukkan peningkatan gairah dan kepuasan seksual.

3. Oats (Avena sativa)

Selain dimanfaatkan sebagai makanan (oatmeal), oat dapat berfungsi meningkatkan gairah seksual, mengatasi kram saat menstruasi dan meningkatkan jumlah testosteron.

4. Daun Damiana

Selain dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita, dengan konsumsi 2-4 gelas teh daun damiana juga dapat mengurangi gejala menopause.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Progres 15 Penelitian Obat Herbal Sebagai Tambahan Terapi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]