Selasa, 02 Nov 2021 19:30 WIB

5 Tips Pakai Lubrikan, Bikin Sesi Bercinta Makin Menyenangkan

Firdaus Anwar - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Lubrikan biasa dipakai untuk membantu momen bercinta pasangan. Lubrikan berfungsi sebagai pelumas tambahan, membuat organ intim lebih licin sehingga penetrasi mudah dilakukan.

Ahli menyarankan lubrikan dipakai terutama bila wanita kerap mengeluh sakit atau kesulitan saat bercinta akibat vagina minim menghasilkan pelumas alami. Pada wanita ini bisa terjadi karena masalah menopause, stres, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Hanya saja mungkin masih ada orang yang belum tahu bagaimana cara memakai lubrikan yang baik. Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut tipsnya:

1. Kenali jenis lubrikan

Lubrikan yang beredar di pasaran secara umum dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu yang berbahan dasar air, silikon, atau minyak. Tiap jenis lubrikan tersebut memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Lubrikan berbahan dasar air sebagai contoh paling mudah ditemukan, murah, dan bisa digunakan bersamaan dengan kondom. Namun, lubrikan berbahan dasar air diketahui bisa lebih mudah kering.

Sementara lubrikan berbahan silikon dapat bertahan lebih lama dan juga bisa digunakan bersamaan dengan kondom. Hal negatifnya adalah lubrikan ini mungkin lebih sulit dibersihkan saat sesi bercinta selesai.

Terakhir lubrikan berbahan dasar minyak mudah ditemukan dan juga dapat bertahan lama. Hanya saja lubrikan ini tidak disarankan digunakan bersamaan dengan kondom lateks karena dapat merusaknya.

2. Bersihkan tangan

Sebelum memakai lubrikan, pastikan tangan sudah bersih dan steril terlebih dahulu. Tangan yang kotor bisa berkontribusi membuat organ intim yang sensitif mengalami infeksi.

3. Tuangkan ke tangan

Sebaiknya tuangkan lubrikan ke tangan terlebih dahulu, bukan langsung ditumpahkan ke organ intim. Tuangkan sedikit lubrikan ke tangan lalu gosok-gosok untuk membuat suhu jadi lebih hangat sebelum menyebarkannya di organ intim.

4. Gunakan sebelum penetrasi

Gunakan lubrikan sebelum melakukan penetrasi saat bercinta. Lubrikan bisa dioleh pada bagian dalam vagina untuk wanita, kepala dan batang penis untuk pria, serta bagian luar kondom.

5. Bersih-bersih

Usai bercinta jangan lupa membersihkan sisa lubrikan yang mungkin masih menempel di kulit. Lubrikan berbahan dasar air relatif lebih mudah dibersihkan hanya dengan sabun mandi.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)