Selasa, 09 Nov 2021 21:41 WIB

Pria Juga Bisa Kesulitan Orgasme, Ini Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Pria juga bisa susah orgasme (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Saat bercinta dengan pasangan, biasanya wanita yang disebut lebih sulit mencapai orgasme. Namun demikian perlu diketahui kadang pria juga bisa mengalami masalah sulit orgasme.

Dikutip dari Mayo Clinic, pria yang mengalami hal ini mungkin baru bisa orgasme dan ejakulasi setelah 30 menit bercinta. Bahkan mungkin saja ada pria yang sama sekali tidak bisa meraih orgasme (anorgasmia).

Terapis seks Benjamin Goldman dari Citron Hennessey Therapy menjelaskan penyebab pria kesulitan orgasme bisa bermacam-macam. Salah satu yang umum adalah bisa saja karena masalah pikiran.

Seorang pria mungkin khawatir pada performa bercintanya atau karena masalah lain yang membebani pikiran. Dampak dari hal ini dapat meningkatkan hormon stres yang akan berpengaruh langsung pada kemampuan pria mendapatkan orgasme.

"Saat mencemaskan performa bercinta, pria dapat memikirkan hal-hal merendahkan diri yang memicu hormon dan neurotransmiter sama seperti saat stres atau cemas," kata Benjamin seperti dikutip dari Men's Health, Selasa (9/11/2021).

Mayo Clinic menyebut masih wajar bila seorang pria sesekali mengalami masalah kesulitan orgasme. Hanya saja bila masalah orgasme terjadi dalam jangka waktu lama sampai menimbulkan keresahan atau ada gejala penyerta lain, maka sebaiknya kunjungi dokter.

Kesulitan orgasme yang terjadi secara terus menerus bisa saja disebabkan karena masalah infeksi, ketidakseimbangan hormon, cedera, hingga kecacatan lahir.



Simak Video "Varian Omicron 5 Kali Lipat Lebih Cepat Menular Dibanding Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)