Sabtu, 13 Nov 2021 19:32 WIB

Berapa Kali Normalnya Berhubungan Seks? Ini Jawaban Pakar

Astika - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Frekuensi berhubungan seksual menjadi salah satu perhatian dari banyak pasangan. Pasalnya, aktivitas ini bisa menjadi sarana untuk menciptakan kedekatan pasangan baik secara fisik maupun psikologis.

Saat ini belum ada patokan pasti berapa kali frekuensi hubungan seksual dapat dilakukan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang berhubungan seksual minimal sekali seminggu menjadi lebih bahagia dibandingkan yang tidak melakukannya sama sekali.

Selain itu, banyak ahli yang berpendapat bahwa umumnya pasangan usia 40-50 tahun melakukan hubungan seks sekali dalam seminggu. Sementara, untuk pasangan usia 20 hingga 30 tahun cenderung rata-rata 2 kali seminggu.

Namun, Dr Peter Kanaris, seorang psikolog klini dan terapis seks memperingatkan bahwa setiap pasangan tidak boleh terlalu mengandalkan patokan yang ada di masyarakat.

Alasannya setiap orang bisa memiliki kebutuhan berbeda-beda. Seperti ada pasangan yang jarang berhubungan seksual, namun di sisi lain ada pasangan yang melakukannya 12 hingga 14 kali dalam seminggu.

Terlepas dari berapa kali melakukan hubungan seks, yang tak kalah pentingnya adalah dianjurkan untuk melakukannya secara reguler atau teratur karena memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis.

"Dari hasil riset mengungkapkan bahwa kebiasaan seks teratur bisa meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko penyakit jantung hingga kanker prostat," ujar Dr Kanaris, dikutip dari USA Today.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)