Jumat, 19 Nov 2021 19:37 WIB

Benarkah Bercinta Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Ternyata, berhubungan seksual bukan hanya untuk menyalurkan hasrat seksual, tetapi juga bermanfaat membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menemukan bahwa bercinta dapat membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berolahraga lari cepat.

Dikutip dari Medicine Net, Jumat (19/11/2021), baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa dalam satu sesi berhubungan seks selama 30 menit seorang pria dapat membakar hingga 120 kalori. Sementara wanita dapat membakar hingga 90 kalori.

Studi lain menyebutkan bahwa berhubungan seks yang lebih bertenaga selama 30 menit dapat membakar sebanyak 150 kalori atau setara dengan jogging 15 menit.

Namun, tentu saja besar kemungkinan tiap pasangan tidak akan berhubungan seks selama itu setiap saat. Selain itu, yang paling penting adalah untuk mempraktikkan seks yang aman untuk melindungi diri sendiri dan pasangan.

Posisi seks apa yang paling banyak membakar kalori?

- Berdiri

Berhubungan seks dengan posisi berdiri dapat membantu memperkuat kaki dan otot. Bagi wanita dapat membakar sekitar 30 kalori, sedangkan pria dapat membakar sekitar 51 kalori selama 10 menit.

- Melengkung

Posisi ini dapat membantu pasangan membakar sekitar 60 kalori dalam 15 menit. Bagi pria posisi ini akan melatih otot inti, paha belakang, dan paha depan. Sementara bagi wanita akan membantu melatih mulai dari betis hingga bahu.

- Cowgirl

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dapat membakar sekitar 135 kalori dalam sesi bercinta 30 menit dengan posisi ini. Posisi ini dapat membantu melatih bokong, kaki, dan otot inti.

- Doggy

Pria dapat melatih otot inti mereka dengan posisi seks ini, dan wanita dapat membakar sekitar 84,38 kalori. Selain itu, posisi ini membantu kedua pasangan melatih otot inti dan paha depan mereka. Namun, posisi ini merupakan salah satu posisi seks yang paling berbahaya bagi wanita karena dapat menyebabkan robekan pada vagina.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berapa Porsi Ideal yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya?"
[Gambas:Video 20detik]