Minggu, 05 Des 2021 20:20 WIB

5 Olahraga Ini Terbukti Secara Ilmiah Dapat Meningkatkan Libido

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Smiling couple exercising cobra pose yoga together in living room on their exercise mats during COVID-19 pandemic Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Dalam berhubungan intim, gairah seksual atau libido yang menurun merupakan hal biasa bagi pria maupun wanita.

Dikutip dari verywellhealth, libido adalah nafsu atau dorongan seksual. Libido seseorang dimotivasi oleh fungsi otak, hormon, dan perilaku yang dipelajari, terlepas dari jenis kelaminnya, dan cenderung berfluktuasi sesuai dengan keadaan mental, perubahan hormonal, dan stres.

Libido yang menurun dapat disebabkan karena berbagai hal, mulai dari stres hingga kondisi medis tertentu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut berbagai jenis olahraga yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan libido

1. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan yang melibatkan penggunaan resistensi atau beban untuk membuat otot lebih kuat dipercaya para ahli dapat meningkatkan libido.

Fenomena ini bisa jadi karena latihan kekuatan lebih baik dalam menghilangkan stres daripada kardio. Dalam latihan kekuatan otot, tubuh akan memproduksi testosteron, yang merupakan prekursor utama untuk dorongan seks pria.

Latihan pembentukan otot ini dapat membantu menghasilkan seks yang lebih baik dengan memperkuat bahu, dada, dan perut. Kekuatan tubuh bagian atas yang kuat dapat meningkatkan stamina karena otot-otot ini digunakan saat berhubungan badan.

2. Kegel

Latihan kegel yang membantu memperkuat otot dasar panggul dapat membantu meningkatkan libido baik pada pria maupun wanita.

Biasanya, latihan ini digunakan untuk membantu meringankan masalah kebocoran urin atau kontrol usus. Tetapi pada wanita, Kegel mungkin memperkuat otot-otot vagina untuk orgasme yang lebih kuat, sementara pada pria bisa membantu menunda ejakulasi.

3. Yoga

Praktisi yoga Ayurveda telah lama mengklaim bahwa latihan Yoga dapat membantu berbagai gangguan seksual.

Para peneliti telah melakukan studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, bahwa yoga dapat membantu mengatasi ejakulasi dini, dan direkomendasikan sebagai pilihan terapi nonfarmakologis yang aman dan efektif.

Dalam studi lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, yoga juga meningkatkan fungsi seksual pada wanita, termasuk hasrat, gairah, lubrikasi, orgasme, kepuasan, dan rasa sakit.

4. Jalan kaki

Menurut sebuah penelitian di Harvard, hanya 30 menit berjalan kaki sehari dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria hingga 41 persen.

Sebuah percobaan terpisah menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti itu juga dapat membantu mencegah disfungsi ereksi pada pria paruh baya yang gemuk.

5. Berenang

Mirip dengan berjalan, berenang selama 30 menit dalam tiga kali seminggu dapat meningkatkan gairah seks, menurut penelitian Harvard lainnya.

Berenang juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, yang juga meningkatkan daya tahan seksual.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Atilah Tia Abelta/up)