ADVERTISEMENT

Senin, 13 Des 2021 05:55 WIB

4 Posisi Bercinta Paling Ideal Saat Sedang Nyeri Punggung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Posisi bercinta saat sedang nyeri punggung (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Nyeri punggung kerap dianggap sepele, tetapi sangat mengganggu aktivitas termasuk ketika berhubungan seks. Kabar baiknya, ada beberapa posisi yang ideal dilakukan saat sedang nyeri punggung.

Ketika bercinta, berbagai manuver dan variasi posisi membutuhkan kelenturan atau fleksibilitas tulang belakang yang baik. Nyeri punggung membuat semua itu serba terbatas.

Umumnya, nyeri punggung memburuk ketika posisi punggung melengkung ke depan atau flexing. Ketika posisi melengkung ke belakang, rasa nyeri biasanya berkurang.

Pemilihan posisi bercinta saat sedang nyeri punggung bisa memperhatikan kecenderungan tersebut, selain juga harus didiskusikan dengan pasangan. Akan lebih baik lagi jika dikonsultasikan juga ke dokter, karena nyeri punggung bisa menjadi pertanda masalah lain yang lebih serius.

Dikutip dari Verywellhealth, beberapa posisi bercinta yang bisa dicoba ketika sedang nyeri punggung adalah sebagai berikut:

1. Missionary

Posisi ini ideal jika yang mengalami nyeri punggung adalah pihak wanita. Ketika posisinya ada di bawah, mengganjal punggung dengan lipatan selimut atau bantal tipis bisa sedikit meredakan nyeri punggung. Posisi berbaring seperti ini relatif tidak terlalu membebani punggung.

2. Woman on top

Jika yang sedang mengalami nyeri punggung adalah pihak pria, maka tinggal dibalik saja posisinya. Pastikan ranjang cukup nyaman, dan pasangan tidak mengguncang-guncang badan terlalu keras.

3. Duduk dan berlutut

Posisi duduk dan saling pangku memberikan kontrol yang lebih baik terhadap postur tulang belakang. Jika memilih untuk berlutut, dianjurkan memakai alas yang tidak terlalu labil.

4. Doggy style

Atau posisi apapun yang memungkinkan punggung berada dalam posisi extension atau melengkung ke belakang, bisa meredakan nyeri punggung. Semacam stretching. Apapun itu, pastikan gerakan dan kekuatannya terkontrol.



Simak Video "Tips Agar Tak Kena Nyeri Punggung Bawah saat WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT