Jumat, 17 Des 2021 19:30 WIB

Kapan Sebenarnya Mr P Berhenti Tumbuh dan Memanjang?

Maulida Balqis - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Meski sudah menginjak usia dewasa, tak sedikit yang masih bertanya apakah ukuran penis masih bisa tumbuh dan memanjang. Terlebih, banyak obat-obat di pasaran yang dijual untuk memperpanjang ukuran penis.

Pertumbuhan penis sebenarnya paling cepat terjadi ketika pria memasuki masa pubertas, yaitu di antara rentang usia 12 dan 16 tahun. Sampai usia berapa sebenarnya penis berhenti memanjang?

Penis biasanya akan bertambah ukuran panjang dan lingkarnya di saat yang bersamaan. Ketika pubertas, tubuh seorang pria akan menjadi lebih tinggi, suaranya akan menjadi berat, tumbuh rambut di beberapa tempat, serta ukuran penisnya akan membesar. Kemudian, ketika mencapai akhir masa remaja, penis pada pria akan berhenti tumbuh.

Berapa usia pria mengalami pertumbuhan penis?

Umumnya, penis akan mulai tumbuh ketika pria mengalami masa pubertas. Pubertas pada pria akan mendorong produksi testosteron yang menyebabkan penis dan testis mulai bertumbuh. Rata-rata pria mulai mengalami pubertas ketika mereka menginjak usia 11 atau 12 tahun.

Sebuah studi di Denmark pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa rata-rata penis dan testis pria akan mencapai ukuran penuhnya ketika mereka berusia 15,6 tahun.

Lalu, kapan penis akan berhenti tumbuh?

Dikutip dari Health Guide, Seth Cohen, MD, seorang ahli urologi dari NYU Langone Health mengatakan, setiap orang mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda. Beberapa orang, lanjutnya, mengalami pertumbuhan panjang penis di usia 13 tahun.

Beberapa lainnya mengalami pertumbuhan yang terus terjadi di tahun-tahun sekolah menengah mereka. Bahkan, ada pula yang mengalami pertumbuhan saat memasuki tahun pertama kuliah. Artinya, tidak ada ketentuan pasti kapan pria mengalami pertumbuhan.

Meskipun begitu, Cohen menyebutkan, testosteron pada pria umumnya akan mengalami penurunan di saat pria menginjak usia dewasa, yakni ketika usia 15, 16, atau pun awal 20-an.

"Pada dasarnya, ketika Anda berhenti tumbuh tinggi, organ seksual Anda juga akan berhenti tumbuh," ujar Cohen, dikutip dari Health Guide, Jumat (17/12/2021).

Berapa sebenarnya rata-rata ukuran penis?

Sebuah studi di tahun 2019 mencatat bahwa kebanyakan pria percaya panjang rata-rata penis ketika ereksi adalah sekitar 15,2 sentimeter (cm) atau 6 inci. Faktanya, rata-rata ukuran penis jauh lebih kecil dari itu.

Meskipun ukurannya sangat bervariasi, panjang rata-rata penis saat ereksi adalah sekitar 12,9-13,97 cm. Bahkan, besar kemungkinan ukurannya lebih kecil dari skala tersebut.

Studi lain yang dilakukan oleh peneliti India pada tahun 2007 menghasilkan daftar temuan mengenai dimensi penis dari berbagai negara di seluruh dunia. Dari 16 penelitian yang diambil dari berbagai negara, seluruhnya menyebutkan rata-rata panjang penis yang serupa.

Panjang penis yang rileks berkisar di ukuran 7-10 cm atau 2,8-3,9 inci, dengan lingkar penis rileks di sekitar 9-10 cm atau 3,5-3,9 inci. Sementara panjang penis yang ereksi berada di sekitar 12-16 cm atau 4,7-6,3 inci, dengan lingkarnya yang berkisar di ukuran 12 cm atau 4,7 inci.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)