Sabtu, 18 Des 2021 21:00 WIB

5 Posisi Bercinta Bebas Nyeri, Pasangan Wajib Coba

Maulida Balqis - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Nyeri ketika bercinta merupakan hal yang kerap dialami oleh sebagian pasangan. Pasalnya, ketika rasa nyeri tersebut diabaikan, hal ini bisa saja mengganggu keharmonisan pasangan.

Melansir The Health Site, nyeri saat bercinta, yang umumnya dialami wanita, dikenal sebagai dispareunia. Kondisi ini cukup banyak dialami para wanita di seluruh dunia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BJOG mengungkap dari 6.669 wanita yang aktif secara seksual di Inggris, 7,5 persennya melaporkan rasa sakit selama berhubungan seksual. Di sisi lain, survei yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists mencatat 3 dari 4 wanita bisa mengalami nyeri saat bercinta.

Umumnya, dispareunia ditandai dengan rasa sakit yang menusuk selama berhubungan seksual. Kondisi ini dapat dipicu oleh sejumlah faktor, yakni fisik maupun psikologis.

Lantas, apa saja penyebab nyeri saat bercinta?

Faktor fisik penyebab nyeri saat bercinta bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti keringnya vagina, peradangan, infeksi kulit, maupun cedera genital. Sementara faktor psikologisnya bisa diakibatkan oleh depresi, stres, dan juga kecemasan.

Terlepas dari penyebab ini, ada banyak alasan lain yang dapat menyebabkan bercinta terasa menyakitkan dan merusak waktu tidur. Jadi, jangan pernah mengabaikan rasa sakit sekecil apa pun itu.

Lalu apa saja posisi bercinta yang tidak membuat nyeri?

Beberapa posisi bercinta ini aman untuk dicoba untuk menghindari nyeri:

1. Women on top

Pada posisi ini, pasangan pria berbaring telentang dengan wanita berada atasnya. Posisi ini akan memberi kebebasan bagi wanita untuk mengatur kecepatan dan kedalaman penetrasi. Dengan demikian, wanita dapat sepenuhnya menyesuaikan diri jika sewaktu-waktu merasakan nyeri.

2. Spooning

Meskipun disebut sebagai posisi paling 'malas', nyatanya spooning merupakan salah satu posisi paling aman ketika sedang mengalami nyeri atau sakit. Dalam posisi ini, wanita akan berbaring di salah satu sisi tubuhnya dengan pria yang berbaring di belakangnya. Dengan pose ini, penetrasi dapat diatur sedemikian rupa dengan mengangkat atau menurunkan kaki setiap kali merasa sakit.

3. Missionary

Bila sakit punggung adalah penyebab utama dibalik penurunan libido, maka posisi ini yang paling tepat untuk dicoba. Pada posisi ini, wanita dapat berbaring telentang dan membiarkan pria yang memimpin aktivitas. Dengan menggunakan bantal di bawah pinggul, risiko sakit pada punggung dapat diminimalisir.

4. Doggy style

Bila wanita mengalami rasa sakit di bagian bawah vagina, cobalah untuk melakukan penetrasi dari sisi belakang. Pose ini mengharuskan wanita duduk dengan lutut dan telapak tangan di lantai atau tempat tidur. Kemudian pria akan berada di posisi belakang. Posisi ini sangat aman dilakukan karena dengan dorongan yang menuju ke bawah, dapat mengurangi tekanan pada area yang sakit.

5. Standing

Posisi standing dapat dicoba bila rasa sakit benar-benar tak tertahankan. Posisi ini tidak mengharuskan pasangan melakukan penetrasi. Cukup melalui gerakan-gerakan non-penetrasi seperti mencium atau memeluk pasangan. Ini akan membantu memberikan rasa nyaman pada pasangan sehingga membuatnya merasa lebih rileks dan bahagia.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)