Minggu, 09 Jan 2022 21:00 WIB

6 Makanan Wajib Demi Tingkatkan Kualitas Seks, Pria Dijamin Gaspol!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Turunnya kualitas seks terkadang bisa menimbulkan persoalan dengan pasangan. Umumnya, hal ini terjadi akibat beberapa faktor seperti sibuk dan lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut bisa mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kualitas seks.

Makanan-makanan yang kaya akan sayuran dan protein tanpa lemak dipercaya bisa meningkatkan kualitas seks loh.

Lantas makanan apa saja sih yang bisa menaikkan kualitas seks? Dikutip dari Healthline, berikut 6 makanan yang dipercaya bisa mencegah gangguan libido seseorang:

1. Oyster (tiram)

Sejumlah orang mungkin sudah tak asing lagi dan tahu bahwa tiram memiliki sifat afrodisiak. Sifat ini berguna untuk meningkatkan gairah seseorang.

Alasan mengapa tiram memiliki sifat tersebut karena mengandung seng yang tinggi. Senyawa ini dapat meningkatkan dan membantu aliran darah ke organ intim.

Asupan seng ini sangat penting dalam kesuburan pria lantaran membantu mengatur kadar testosteron. Berdasarkan studi tahun 2018, kekurangan seng sendiri memiliki efek negatif pada testosteron.

Tiram mengandung lebih banyak seng daripada sumber makanan lainnya, dimana satu porsi tiram bisa menyediakan 673 persen kebutuhan seng harian orang dewasa.

Namun, jika tidak suka mengonsumsi tiram, bisa mencoba lobster atau kepiting. Kedua jenis makanan ini juga mengandung seng yang tinggi loh.

Ada juga sumber seng non-makanan laut yang bisa dicoba, seperti:

- Daging sapi
- Daging babi
- Kacang panggang
- Biji labu
- Sereal yang diperkaya dengan seng

2. Daging tertentu

Makan daging atau makanan lain yang mengandung asam amino, dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks seseorang. Sejumlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam, babi, dan daging sapi memiliki kandungan senyawa yang bisa memperlancar aliran darah, seperti:

- Karnitin
- L- arginin
- Seng

Sebagaimana diketahui, aliran darah yang lancar itu penting sekali untuk respons seksual pada semua orang, baik pria maupun wanita.

3. Salmon

Salmon dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3. Selain salmon, ikan berdaging merah muda, seperti sarden, tuna, dan halibut dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas seks seseorang.

Berdasarkan ulasan tahun 2017, omega 3 mampu mencegah penumpukkan plak di arteri dan meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh.

Lancarnya peredaran darah dapat mengurangi risiko penyakit tertentu yang mengganggu fungsi seksual.

4. Kacang dan biji-bijian

Ngemil sejumlah kacang dan biji-bijian juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas seks seseorang loh. Misalnya seperti kacang mete dan almond yang memiliki kandungan seng, atau kacang dan biji-bijian lainnya bisa mengandung L-arginin untuk melancarkan darah.

Cobalah konsumsi kacang atau biji-bijian berikut untuk meningkatkan gairah seks:

- Kenari
- Biji labu
- Biji bunga matahari
- Hazelnut
- Kacang tanah

5. Apel

Tak hanya rasanya yang manis dan enak, apel juga diklaim dapat meningkatkan kualitas seks seseorang. Buah ini memiliki kandungan senyawa quercetin sebagai antioksidan yang dapat memberikan kesehatan.

Dalam konteks kesehatan seks, senyawa quercetin dapat berperan dalam:

- Meningkatkan sirkulasi darah
- Mengobati disfungsi ereksi
- Mengelola gejala prostatitis

Selain buah apel, bisa juga mengonsumsi buah-buahan lainnya, seperti:

- Stroberi
- Blueberry
- Anggur ungu
- Anggur merah
- Ceri
- Buah Sitrus

6. Buah bit

Buah bit memiliki sifat antioksidan dan vitamin yang ampuh menyehatkan tubuh untuk diet apapun. Bahkan, buah ini juga memiliki kandungan nitrat yang tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas seks seseorang.

Selain buah bit, makanan lain yang mengandung nitrat tinggi, seperti:

- Bayam
- Selada
- Seledri
- Lobak



Simak Video "Bagaimana Dukungan untuk Pemulihan Korban Kekerasan Seksual Anak?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)