Jumat, 14 Jan 2022 20:23 WIB

7 Tips Bercinta Supaya Nggak Gugup Saat Malam Pertama

Hartaty Varadifa - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Sederet tips bercinta agar tidak gugup saat malam pertama, apa saja ya? (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya menjadi momen terpenting bagi setiap pasangan, khususnya bagi para pasutri yang baru saja menikah. Sebab, hal ini akan membawa kamu lebih dekat dengan pasangan.

Hubungan seksual bukanlah hal yang mudah karena aktivitas ini harus dilakukan dengan memahami tentang tubuh diri sendiri maupun pasangan. Tidak hanya itu, bagi yang baru pertama kali ingin melakukannya beberapa pasangan mungkin masih merasa malu, gugup, bahkan takut.

Bagi para pasutri yang masih malu atau gugup untuk memulai aktivitas seksual, simak 7 tips ini untuk memperoleh pengalaman seksual lebih baik dan bebas dari rasa sakit.

1. Bicarakan dengan seseorang yang lebih paham

Baik itu dengan kakak, teman, atau dokter, bicarakan dengan seseorang yang matang dan berpengalaman tentang hubungan seksual. Sebab mendiskusikannya dapat membantu proses mengambil keputusan pada tingkat yang lebih dalam.

Hal ini juga membantu kamu untuk menemukan solusi yang tepat sebelum melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

2. Persiapkan dirimu

Lakukan persiapan seperti membaca tentang hubungan seksual, metode perlindungan, penyakit menular seksual, organ seksual dan zona sensitif seksual. Kemudian, pastikan kamu memiliki semua yang dibutuhkan, misalnya pelumas.

3. Pahami persetujuan

Bagian terpenting tentang berhubungan seks, baik itu saat pertama kali, terakhir kali, atau kapanpun, adalah persetujuan. Beri tahu pasanganmu titik tubuh mana yang ingin disentuh dan tidak. Jika ia ingin berhenti melakukannya cobalah untuk memahami dan menghormatinya.

4. Membangun kepercayaan

Memiliki kepercayaan akan membuat pengalaman seksual kamu lebih baik. Cobalah untuk berdiskusi tentang apa saja harapan yang diinginkan dalam hubungan intim. Perlu juga untuk cek riwayat kesehatan seksual dan memastikan apakah pasangan kamu memiliki penyakit menular seksual.

5. Bersenang-senang dengan foreplay

Melakukan aktivitas seksual untuk yang pertama kalinya kerap bisa membuat gugup, tapi cobalah untuk meluangkan waktumu dengan foreplay.

Wanita membutuhkan waktu untuk terangsang, yang menyebabkan vagina secara alami melumasi dirinya sendiri. Karena tanpa pelumasan yang cukup maka penetrasi bisa jadi tidak nyaman dan sakit, bahkan bisa menyebabkan luka kecil atau robekan pada vagina karena gesekan.

6. Jangan mencoba trik ekstrim

Sebagian pasutri mungkin tergoda untuk mencoba dan mengesankan pasangannya dengan beberapa posisi dan trik seksi.

Jelajahi hubungan seksual langkah demi langkah agar lebih aman. Pengalaman pertama memang cenderung bukan yang terbaik, tetapi alangkah lebih baiknya untuk tidak melakukan hal ekstrim.

7. Menjaga kebersihan

Sebaiknya potong kuku terlebih dahulu, cuci tangan, bersih-bersih, atau mandi sebelum memulainya.

Wanita harus buang air kecil sebelum dan segera setelah berhubungan seks untuk mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih. Pria harus menunggu 15 menit setelah berhubungan untuk buang air kecil. Bersihkan semua cairan tubuh dengan handuk atau tisu basah setelah selesai.

(fds/fds)