Jumat, 21 Jan 2022 20:16 WIB

Benarkah Makan Nanas Bisa Bikin Air Mani Jadi Manis? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Cairan sperma atau air mani sering dianggap dapat memiliki rasa khas tergantung dari makanan yang dikonsumsi pria. Sebagai contoh buah nanas populer disebut bisa membuat cairan sperma lebih manis. Benarkah hal tersebut?

Urolog dr Rena D Malik dari University of Maryland menjelaskan air mani pada dasarnya terbagi atas beberapa komponen. Sel sperma menyusun sekitar 5-10 persen volume air mani dan sisanya adalah air, fruktosa (gula), berbagai mineral, dan asam sitrat.

Air mani secara alami bersifat basa. Tujuannya untuk melindungi sperma agar bisa tetap hidup di lingkungan organ intim wanita yang relatif asam.

"Jadi karena sifat basa ini rasa alami air mani sebetulnya sedikit pahit. Tapi bisa juga terasa sedikit manis karena kandungan fruktosa di dalamnya," ungkap dr Rena dalam kanal Youtube-nya Rena Malik, M.D. pada Jumat (21/1/2022).

Seseorang juga mungkin dapat mencium bau metalik dari sperma karena kandungan berbagai mineral yang ada.

Konsumsi buah nanas

Sampai saat ini, menurut dr Rena, belum ada studi kuat yang bisa membuktikan mengonsumsi makanan tertentu dapat mengubah rasa air mani pria. Termasuk klaim populer buah nanas bisa membuat air mani jadi lebih manis.

"Tapi secara logika bisa saja bila Anda mengonsumsi buah yang tinggi kandungan gula, seperti nanas, kiwi, pepaya, persik, jeruk, dan lainnya, akan meningkatkan kadar fruktosa di air mani membuatnya jadi lebih manis," papar dr Rena.

"Air mani mungkin tidak akan berubah jadi sangat manis, hanya sedikit lebih manis saja," lanjutnya.

dr Rena mengatakan mengapa buah nanas begitu populer dianggap dapat mengubah rasa air mani karena sifatnya yang asam. Ini mungkin bisa membuat air mani yang basa jadi lebih netral sehingga rasa pahit alaminya berkurang.



Simak Video "Ahli Sebut Cacar Monyet Bukan Penyakit Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)