Selasa, 25 Jan 2022 19:28 WIB

Awas Lecet, Jangan Digaruk! Ini 10 Obat Gatal Alami untuk Kemaluan

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Close-up of the thigh of a woman Foto: thinkstock
Jakarta -

Gatal-gatal di sekitar kemaluan, baik penis atau vagina dapat membuat seseorang tidak nyaman bahkan bisa mengganggu kualitas hidup. Namun, menggaruk daerah kemaluan yang terasa gatal justru tidak dianjurkan karena berisiko memicu iritasi.

Gatal pada penis maupun vagina disebabkan oleh jamur dan bakteri, alergi, bahkan penyakit menular seksual. Daripada terus-menerus menggaruk yang ujungnya dapat memperparah kulit kemaluan, sebaiknya gunakan obat alami yang aman berikut ini.

1. Soda kue

Soda kue juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, membentuk larutan basa ketika dilarutkan dalam air. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi jamur untuk berkembang biak. Sehingga membuatnya menjadi obat yang bagus untuk menenangkan dan menghilangkan rasa gatal, terbakar dan bengkak pada kemaluan.

Mandi soda kue bisa membantu membunuh candida atau infeksi jamur. caranya, tambahkan secangkir soda kue ke dalam bak mandi, biarkan hingga larut, kemudian rendamkan badan di dalam air soda kue selama sekitar 15-20 menit.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah obat alami yang umum untuk infeksi jamur. Yoghurt mendukung pertumbuhan bakteri "baik" di vagina. Bakteri ini dapat membunuh beberapa ragi dan menjaga vagina tetap sehat.

Sebuah study pada 2012 menemukan bahwa campuran madu dan yogurt lebih efektif dalam mengobati infeksi jamur vagina daripada obat antijamur yang dijual bebas.

Selain dimakan langsung, yoghurt tanpa gula juga bisa dioleskan ke daerah sekitar vagina. Ada juga yang menyarankan agar yoghurt ditaruh di tampon, kemudian dikenakan di vagina.

3. Bunga calendula

Bunga calendula atau pot marigold merupakan bunga yang dipercaya bisa mengatasi iritasi kulit dan genital. Caranya, rebus bunga berwarna kuning ini, lalu biarkan air rebusannya dingin.

Setelah itu, cucilah kemaluan dengan air rebusan bungan calendula yang telah dingin tersebut. Bisa juga bunga calendula ini dikeringkan, lalu digiling menjadi bubuk dan oleskan di sekitar organ genital. Pastikan bubuk tersebut tidak sampai masuk ke dalam vagina.

4. Kemangi

Kemangi merupakan ramuan populer yang mengandung zat eugenol dan dapat mematikan ujung saraf yang menyebabkan gatal. Daun ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antijamur, yang dapat mengobati gatal dan terbakar pada vagina.

Cukup ambil daun kemangi segar dan rebus dalam air. Tuangkan cairan ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Bilas vagina menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

5. Minyak kelapa

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membunuh Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur.

Cara menggunakannya, cukup oleskan minyak kelapa langsung ke area yang terasa gatal. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa murni berkualitas tinggi.
Kenakan pembalut jika mencoba obat ini, karena bisa meninggalkan bekas pada pakaian.

6. Gunakan pakaian dalam katun

Pakaian dalam katun sangat membantu wanita jika mengalami ketidaknyamanan pada vagina atau vulva. Pakaian dalam berbahan katun bersifat breathable, yang artinya dapat membantu mengurangi kondisi kulit yang gatal.

Mengenakan pakaian dalam berbahan katun 100 persen dapat mencegah infeksi jamur, karena jamur tumbuh subur di area yang tidak berventilasi baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]