Selasa, 08 Feb 2022 19:27 WIB

Wahai Pria, Ini 4 Cara Alami Meningkatkan Kualitas Sperma di Air Mani

Firdaus Anwar - detikHealth
Duh! Pria Ini Dipenjara Karena Ketahuan Menaruh Air Mani di Makanan Wanita Foto: Juice Online/iStock
Jakarta -

Dikutip dari Mayo Clinic, air mani yang dikeluarkan pria saat ejakulasi normalnya bisa mengandung sekitar 15-200 juta sel sperma per mililiter. Hanya saja kadang ada beberapa pria dengan jumlah sperma lebih sedikit dari itu dan ini bisa memengaruhi tingkat kesuburannya.

Untuk mengetahui pasti seberapa banyak sperma yang dimiliki seorang pria diperlukan pemeriksaan laboratorium.

Pakar kesuburan dr Daniel E Stein dari Roosevelt Hospital mengatakan pria dengan jumlah sperma sedikit mungkin akan lebih sulit memiliki keturunan. Penyebabnya bisa berbagai macam mulai dari faktor genetik, gaya hidup tidak sehat, atau ada sumbatan/gangguan pada organ intimnya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah sperma di air mani? Berikut tipsnya seperti dikutip dari UCLA Health:

1. Jaga suhu selangkangan sejuk

Urolog dr Jesse Mills dari University of California, Los Angeles, menjelaskan proses produksi sperma bisa sangat sensitif terhadap suhu. Bila suhu terlalu panas maka produksi sperma di testis akan terganggu.

Pria disarankan tidak sering berendam air hangat, menggunakan pakaian dalam ketat, atau menempatkan gawai yang bisa menjadi sumber panas di dekat selangkangan.

"Jadi jauhkan laptop dari pangkuan Anda. Kami menemukan bila Anda menaruh laptop di pangkuan, suhu di area paha dan testis bisa naik sampai 5 derajat dari normal," kata dr Jesse.

2. Makan sayur dan buah

Pria jangan malas makan sayur dan buah bila ingin meningkatkan jumlah spermanya. Ini karena kandungan antioksidan yang terdapat pada sumber makanan tersebut dapat menjaga sperma dari radikal bebas.

3. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh, termasuk di dalamnya fungsi organ intim. Menurut dr Jesse, pria yang rutin berolahraga secara umum bisa memiliki kualitas sperma lebih baik daripada pria yang jarang olahraga.

4. Minum kopi

Minum kopi yang tidak berlebih disebut dr Jesse dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir kopi dalam sehari.

"Sedikit kopi, 2-3 cangkir sehari, dapat membantu memperbaiki motilitas sperma. Artinya sperma dapat lebih baik dan cepat bergerak," kata dr Jesse.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)