ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Feb 2022 21:01 WIB

Bahaya Nggak Sih Menelan Sperma saat Bercinta? Ini Kata Pakar

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi sperma Menelan sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Berhubungan seks memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam melakukan aktivitas seksual, beberapa orang pun mungkin ada yang suka menelan sperma saat pasangannya ejakulasi, namun ada juga yang tidak sengaja tertelan. Lantas, apakah berbahaya apabila menelan sperma?

Dikutip dari Men's Health, Minggu (06/02/2022), ahli urologi di Northwestern, Nelson Bennett, MD, mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen kandungan di dalam sperma adalah air. Selain itu, ada juga kandungan lain di dalam sperma, seperti protein, asam amino, fruktosa, glukosa, seng, kalsium, vitamin C, dan nutrisi.

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi pada tahun 2002 menguji hubungan antara sperma dan suasana hati seseorang. Hasilnya, wanita yang menelan sperma memiliki gejala depresi yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak menelan.

Tak hanya itu, ada lagi studi kecil pada tahun 2003 yang menunjukkan bahwa menelan sperma dapat mengurangi risiko preeklamsia atau gangguan kehamilan. Akan tetapi, penelitian ini masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Meskipun begitu, sperma juga berbahaya untuk kesehatan loh. Menurut dr Evan Goldstein, DO, ahli proktologi spesialis kesehatan seksual pria di Bespoke Surgical, menelan sperma berisiko terkena penyakit infeksi menular seksual, alergi hipersensitivitas plasma seminal manusia (HPV), hingga Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"IMS seperti klamidia, gonore, HPV serta HIV, meskipun risikonya lebih rendah daripada seks penetratif," katanya.

Sebuah penelitian juga mengklaim bahwa menggunakan obat kumur setelah menelan sperma tak akan bisa mengurangi risiko terkena IMS, alergi HPV, hingga HIV.



Simak Video "'Flu Perut', Penyakit yang Tak Ada Hubungannya dengan Virus Influenza"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT