Kamis, 10 Feb 2022 19:31 WIB

Pria Wajib Tahu, 5 Kebiasaan Tak Disangka Ini Bisa Bunuh Sperma

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi lima kebiasaan yang bisa menurunkan kualitas sperma. Foto: iStock
Jakarta -

Masalah kesuburan bisa dihadapi oleh pria bila kualitas dan kuantitas spermanya tidak baik. Ini bisa terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang tidak disadari.

Dikutip dari Mayo Clinic, normalnya pria bisa memiliki sekitar 15-200 juta sel sperma per mililiter air mani. Sperma yang sehat memiliki bentuk kepala oval dengan satu ekor panjang agar bisa berenang mencapai sel telur.

Namun karena berbagai sebab jumlah sperma seorang pria bisa tidak memadai, mengalami kecacatan bentuk, atau tidak bisa berenang dengan baik.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kebiasaan buruk yang sering tidak disangka bisa 'membunuh' sperma:

1. Begadang

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility & Sterility, pria yang tidur kurang dari enam jam sehari 31 persen lebih mungkin kesulitan membuat pasangannya hamil dibandingkan pria yang tidur 7-8 jam sehari.

Peneliti menyebut kurangnya waktu tidur bisa mengurangi hormon testosteron dalam tubuh yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Kurang tidur juga bisa berkontribusi terhadap tingginya hormon stres kortisol yang berdampak buruk dalam proses produksi sperma.

2. Suka minuman soda tinggi gula

Kebiasaan mengonsumsi minuman yang tinggi gula juga disebut-sebut bisa berdampak buruk untuk sperma. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction melihat pria yang biasa meminum satu minuman soda setiap hari memiliki sperma dengan motilitas (kemampuan berenang) rendah.

Peneliti menyebut kebiasaan mengkonsumsi terlalu banyak minuman tinggi gula bisa menimbulkan resistansi insulin. Ini berujung pada inflamasi yang mengganggu kemampuan bergerak sperma.

3. Tempatkan ponsel atau laptop di selangkangan

Beberapa gawai, seperti ponsel atau laptop dapat berdampak buruk untuk sperma bila ditempatkan di dekat area selangkangan. Ini karena gawai tersebut dapat memancarkan panas dan radiasi yang merusak sperma.

Analisa 10 studi di Inggris melihat paparan dari ponsel bisa mengurangi jumlah sperma sehat yang dapat berenang dengan normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]