ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Feb 2022 19:37 WIB

Benarkah Air Mani 'Luber' dari Miss V Usai Bercinta Bikin Gagal Hamil?

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu hal yang kerap jadi pertanyaan bagi pasangan suami istri adalah apakah normal bila cairan mani keluar dari vagina usai bercinta. Sebagian orang mungkin khawatir hal ini bisa jadi alasan gagal hamil.

Terkait hal tersebut, ahli kandungan dari Marvel Hospital and Fertility Centre, dr Mamatha Reddy YV menjelaskan bahwa wajar bila ada air mani yang keluar dari vagina usai bercinta. Bukan berarti sperma tidak masuk ke rahim dan menjadi penyebab kegagalan kehamilan.

"Kebocoran air mani hampir dipastikan selalu terjadi pada semua individu usai aktivitas seksual. Ini terjadi karena air mani tidak bisa masuk ke mulut rahim, tapi spermanya itu sendiri aktif bergerak," kata dr Mamatha seperti dikutip dari kanal Youtube Doctor's Circle, Jumat (25/2/2022).

"Sperma akan tetap bergerak ke arah atas serviks untuk menuju rahim dan tuba falopi," lanjutnya.

Pendapat serupa juga pernah diutarakan oleh ahli kandungan dr Dhely Lesthama, SpOG, dari RS Pondok Indah. Air mani yang keluar meluap dari vagina bukan penyebab umum gagal hamil.

"Sperma bisa saja telah masuk ke dalam vagina atau liang vagina pada saat berhubungan intim. Hal tersebut dikarenakan perubahan posisi atau karena jumlah sperma yang cukup banyak sehingga meluap ke luar vagina," kata dr Dhely beberapa waktu lalu.

Kegagalan kehamilan menurut dr Dhely lebih karena faktor kualitas rahim, sel telur, dan sel sperma.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT