Jumat, 25 Feb 2022 22:05 WIB

10 Cara Alami Tingkatkan Libido Pria dan Wanita

Hartaty Varadifa - detikHealth
Male and female symbols drawn using chalk on a chalkboard Foto: Getty Images/iStockphoto/joxxxxjo
Jakarta -

Setiap individu memiliki libido atau dorongan seks yang bervariasi. Libido yang menurun dapat diatasi dengan cara yang alami.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi libido, baik itu pada pria maupun wanita seperti, rasa cemas, kesulitan dalam hubungan, usia, hingga masalah kesehatan. Sementara libido yang rendah biasanya akan berdampak pada hubungan dan kepercayaan diri.

Dikutip dari Medical News Today, terdapat sejumlah metode alami yang dapat dilakukan wanita atau pria untuk meningkatkan libido yang meliputi:

1. Kelola rasa cemas

Ketika seseorang memiliki pekerjaan yang berat atau tekanan hidup yang membuat merasa lelah hal ini akan membuat hasrat seksual yang rendah. Bahkan kecemasan dan stres juga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, sehingga menunda seseorang untuk berhubungan seks.

Sebuah tinjauan 2017 menyebutkan bahwa, depresi dan kecemasan mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola kecemasan serta meningkatkan kesehatan mental, diantaranya:

  • Mempraktikkan kebersihan tidur yang baik
  • Meluangkan waktu untuk melakukan hobi
  • Berolahraga secara teratur
  • Makan makanan bergizi
  • Berbicara dengan terapis

2. Meningkatkan kualitas hubungan

Banyak orang yang mengalami jeda dalam hasrat dan frekuensi seksual pada kondisi tertentu dalam suatu hubungan. Hal ini mungkin ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik dalam hubungan.

Berfokus pada peningkatan hubungan dapat meningkatkan gairah seks masing-masing pasangan yang dapat dilakukan dengan:

  • Merencanakan kencan malam
  • Melakukan kegiatan bersama di luar rumah
  • Komunikasi lebih terbuka
  • Menyisihkan waktu untuk 'quality time' satu sama lain

3. Fokus pada foreplay

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido.

Faktanya, dalam meningkatkan pengalaman seksual kerap banyak pasangan yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan foreplay seperti menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral.

Bagi wanita, foreplay merupakan aktivitas sangat penting ketika bercinta. Menurut beberapa penelitian tahun 2017, hanya sekitar 18 persen wanita yang orgasme dari hubungan seksual saja, sementara 33,6 persen wanita melaporkan bahwa mereka mencapai orgasme dengan stimulasi klitoris.

4. Tingkatkan kualitas tidur

Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan energi seseorang secara keseluruhan, dan hal ini juga mempengaruhi tingkat libido seseorang.

Sebuah studi skala kecil tahun 2015 yang dilakukan pada wanita menunjukkan bahwa, tidur lebih banyak di malam sebelumnya meningkatkan hasrat seksual mereka pada hari berikutnya. Wanita yang memiliki waktu tidur lebih lama melaporkan bahwa mereka memiliki gairah genital yang lebih baik daripada yang memiliki waktu tidur lebih pendek.

5. Makan makanan bergizi

Menjalani diet bergizi dapat bermanfaat bagi dorongan seks karena hal ini dapat meningkatkan sirkulasi dan kesehatan jantung yang baik.

Sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular dapat mempengaruhi fungsi seksual secara fisik. Selain itu, sindrom ovarium polikistik dapat mempengaruhi kadar hormon, yang juga dapat mengganggu libido.

Makan makanan yang kaya sayuran, rendah gula, dan tinggi protein tanpa lemak dapat membantu mencegah gangguan yang mempengaruhi libido.

6. Gunakan ramuan herbal

Sebuah studi tinjauan 2015 menyatakan bahwa sejumlah obat herbal berikut dapat meningkatkan fungsi seksual:

  • Maca
  • Tribulus
  • Gingko
  • Ginseng
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]