5 Fakta Unik Rambut Kemaluan, Bisa Serimbun Apa dan Kenapa Keriting?

ADVERTISEMENT

5 Fakta Unik Rambut Kemaluan, Bisa Serimbun Apa dan Kenapa Keriting?

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Sabtu, 19 Mar 2022 19:45 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Fakta unik bulu kemaluan (Foto: iStock)
Jakarta -

Rambut kemaluan atau pubic hair sering menjadi suatu hal yang 'memalukan' bagi beberapa orang. Tidak sedikit orang-orang yang mencukur habis rambut kemaluan mereka karena rasa malu tersebut.

Beberapa faktor penyebab tersebut antara lain karena pasangan yang tidak menyukainya, ikut-ikutan para selebriti di media sosial, hingga karena sebagian anggapan vagina tanpa rambut kemaluan tampak lebih bersih. Namun, ternyata, rambut kemaluan memiliki manfaat bagi kesehatan dan berpotensi untuk memiliki dampak negatif pada kesehatan jika dicukur.

Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 fakta unik rambut kemaluan yang mungkin belum diketahui.

1. Sangat penting dalam kehidupan seks pasutri

Saat bercinta, rambut kemaluan ternyata memiliki peran penting dalam melindungi kemaluan pasutri. Rambut kemaluan dapat menjadi sebuah pelindung saat adanya gesekan yang terjadi saat berhubungan intim karena kulit di area sekitar alat kelamin, baik wanita maupun pria, sangatlah sensitif.

2. Rekor terpanjang hingga 71,12 sentimeter

Secara general, rambut kemaluan dapat tumbuh dari 1 hingga 4 cm. Namun, seorang wanita asal Afrika Selatan bernama Maoni Vi, mencetak rekor rambut kemaluan terpanjang di dunia yaitu sekitar 28 inci atau 71,12 cm.

3. Risiko penyakit menular seksual meningkat jika dicukur

Tentu, semua orang berhak memilih untuk mencukur atau membiarkan rambut kemaluannya tumbuh. Namun, berbagai riset medis menunjukkan bahwa rambut kemaluan merupakan suatu pelindung dari penyakit menular seksual seperti herpes dan klamidia.

4. Ternyata meningkatkan minat seks wanita

Dikutip dari Huffpost, ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa wanita yang memilih untuk mencukur rambut kemaluannya memiliki minat seks yang lebih tinggi. Seks yang diminati mereka antara lain seperti seks oral, stimulasi klitoris, dan meningkatnya durasi saat penetrasi.

5. Alasan rambut kemaluan keriting

Rambut kemaluan umumnya keriting dan memiliki tekstur lebih kasar. Menurut dr Brian Steixner Direktur Institute of Men's Health di Jersey Urology Group, Atlantic City, rambut kemaluan yang keriting lebih baik menjebak feromon yang dikeluarkan kelenjar keringat di sekitar area selangkangan.

Pakar lainnya berpendapat, testur rambut kemaluan yang keriting dan lebih kasar hingga tebal sebenarnya berfungsi sebagai penyangga.

"Ini mencegah gesekan selama hubungan intim yang dapat menyebabkan abrasi dan ruam kulit," kata Marc Glashofer, seorang ahli dermatologi, dikutip dari Mens Health.

"Lebih penting lagi, rambut kemaluan berfungsi sebagai perlindungan terhadap bakteri dan patogen lainnya," lanjut Marc.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT