Senin, 07 Feb 2022 21:12 WIB

5 Hal yang Sering Sebabkan Rambut Kemaluan Gatal

Firdaus Anwar - detikHealth
Closeup sick woman with hands holding pressing her crotch isolated on background Foto: Getty Images/iStockphoto/champja
Jakarta -

Rambut kemaluan yang tumbuh lebat disebut ahli berfungsi untuk melindungi kulit yang sensitif. Namun, kadang bisa saja timbul rasa gatal di tempat tersebut.

Rasa gatal di area rambut kemaluan bisa muncul karena berbagai sebab. Mulai dari karena hal ringan sampai yang mungkin membutuhkan penanganan dokter.

Dikutip dari Verywell Health, berikut 5 hal yang bisa jadi pemicu gatal di rambut kemaluan:

1. Bekas cukur

Rasa gatal pada area kemaluan seringnya muncul karena iritasi di kulit usai mencukur rambut. Ini terjadi akibat proses mencukur, apakah dengan pisau atau waxing, bisa menyebabkan luka halus di kulit dan peradangan pada akar rambut.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual Medicine 2015 menyebut setidaknya 80 persen orang yang pernah mencukur rambut kemaluan mengalami rasa gatal.

2. Dermatitis kontak

Kondisi ini terjadi akibat kulit meradang setelah bersentuhan dengan senyawa pemicu alergi atau iritasi. Pemicu umum dermatitis kontak di area selangkangan adalah pengharum di detergen, sabun, atau produk pembersih lainnya.

3. Infeksi jamur

Area selangkangan yang lembab karena keringat bisa jadi tempat subur untuk tumbuhnya jamur. Nah bila kebersihan organ intim tidak dijaga maka jamur tersebut bisa menginfeksi kulit di sekitar kemaluan dan menyebabkan rasa gatal.

4. Kutu

Kutu rambut tidak hanya ada di kepala, tapi ada juga spesies yang hidup di rambut kemaluan. Seseorang bisa tertular kutu rambut di bulu kemaluan lewat hubungan seksual atau berbagai pakaian.

Kutu rambut kemaluan dapat ditangani dengan obat yang dijual bebas.

5. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan yang terjadi pada akar rambut. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi jamur, rambut yang tumbuh ke dalam, atau gesekan dengan pakaian terlalu ketat.

Orang dengan folikulitis biasanya akan menyadari tumbuh seperti jerawat yang gatal pada area kemaluannya. Hati-hati bila jerawat tersebut luka karena bisa jadi sumber masuknya bakteri menyebabkan infeksi serius.



Simak Video "Muncul Infeksi Jamur Kuning di India, Susul Kasus Jamur Hitam-Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)