Minggu, 27 Mar 2022 20:24 WIB

6 Manfaat Rutin Bercinta, Turunkan Risiko Sakit Jantung pada Pria

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Banyak manfaat kesehatan potensial dari seks mencakup segala hal mulai dari meningkatkan suasana hati hingga memperkuat jantung. Seks dapat menjadi bagian penting dari kehidupan seseorang dan membuat perbedaan besar baik dalam kesehatan fisik secara keseluruhan.

Faktanya, seorang pria paruh baya mengatakan bahwa semakin sering berhubungan seks, semakin besar kemungkinan mereka dalam keadaan sehat.

Dikutip dari Verywell Health, di bawah ini 6 manfaat bercinta bagi kesehatan:

1. Melepas stres

Ketika berhubungan intim tubuh manusia akan memproduksi banyak reaksi kimia dan yang menyebabkan perasaan nikmat dan bahagia seperti hormon dopamin, endorfin dan oksitosin. Hormon kortisol yang diproduksi ketika stres juga berkurang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi lain dari New England Research Institute menemukan bahwa laki-laki yang berhubungan intim setidaknya dua kali seminggu memiliki resiko 45 persen lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung, dibandingkan mereka yang hanya berhubungan intim sekali sebulan atau lebih jarang. Perempuan yang sering berhubungan intim juga dilaporkan memiliki resiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Berdasarkan studi yang dipublikasi Pennsylvania's Wilkes University, mereka yang berhubungan intim setidaknya sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat immunoglobulin A yang 30 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah berhubungan intim. Orang-orang yang berhubungan intim dalam hubungan jangka lama yang baik memiliki tingkat immunoglobulin yang paling tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]