Sabtu, 30 Apr 2022 21:00 WIB

Ladies, Jangan Buru-Buru Pakai Celana Dalam usai Bercinta

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Memakai celana dalam usai bercinta tanpa membersihkan area Miss V terlebih dahulu dapat berisiko terjadinya infeksi pada vagina. Selain itu, vagina juga akan kesulitan bernapas.

Pada wanita yang telah menopause, area Miss V akan lebih mudah kering, gatal, iritasi, dan rentan terhadap infeksi. Risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dapat dihindari dengan tidak langsung memakai celana dalam sehabis berhubungan intim.

Dikutip dari Health, Sara Twogood, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Keck School of Medicine University of Southern California menjelaskan ada 4 hal yang harus dilakukan agar Miss V terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan.

Buang air kecil

Meski merasa tak ingin buang air kecil usai bercinta, kamu tetap harus pergi ke toilet untuk mencoba buang air kecil. Sebab, bakteri yang terdapat pada uretra akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Buang air kecil setelah berhubungan seks juga bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri yang tertinggal di dalam vagina karena aktivitas seksual.

Keringkan area Miss V

Saat bercinta, area vagina tentunya akan terkontaminasi dengan berbagai cairan. Mulai dari cairan air mani, keringat, lubrikan, dan cairan vagina. Oleh sebab itu, wanita disarankan untuk terlebih dahulu membasuh dan mengeringkan area tersebut menggunakan tisu atau handuk.

Mengeringkan area Miss V juga dapat mencegah terjadinya infeksi jamur pada vagina. Saat memutuskan untuk membasuhnya, perlu diingat untuk tidak menggunakan sabun karena vagina bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa harus memerlukan sabun pewangi.

Gunakan celana dalam yang tidak ketat

Setelah memastikan area vagina telah bersih dari bakteri dan cairan-cairan yang mengontaminasinya, kamu sebaiknya juga tidak mengenakan celana dalam yang tidak ketat. Menggunakan celana dalam yang ketat sehabis bercinta bisa menyebabkan vagina kesulitan bernapas dan rentan terkena infeksi serta gatal.

Periksa vagina

Terakhir, apabila area vagina terasa tidak nyaman, nyeri, gatal, atau berdarah usai bercinta, ada baiknya kamu tidak mengabaikannya begitu saja. Apalagi, jika sejumlah gejala tersebut tidak langsung hilang dan terasa cukup lama. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengunjungi obgyn untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)