Minggu, 08 Mei 2022 06:08 WIB

Harus Seberapa Sering Bercinta Biar Cepat Hamil?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Positive pregnancy test Ilustrasi testpack kehamilan (Foto: Getty Images/iStockphoto/MJ Breiva Photography)
Jakarta -

Tidak semua pasangan bisa mendapat keturunan dengan mudah, sebagian harus berjuang mengatur strategi agar pembuahan bisa terjadi. Banyak pula di antaranya yang sampai harus memaksakan diri bercinta sesering mungkin.

Faktanya, ada yang segera bisa hamil hanya dengan beberapa kali bercinta. Sementara itu, ada juga yang sudah sangat sering bercinta tetapi tetap saja pasangannya tidak kunjung hamil.

Dikutip darii Healthline, ahli kandungan Meredith Shur dari University of Virginia menjelaskan salah satu penentu terjadinya kehamilan adalah siklus masa subur. Peluang untuk hamil hanya bisa didapatkan ketika bercinta pada masa subur, bukan dari seberapa sering melakukannya.

"Meskipun seks tanpa kondom tidak selalu menghasilkan kehamilan, ibu bisa saja hamil jika berhubungan seks hanya satu kali," jelasnya.

Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi peluang mendapatkan kehamilan. Secara umum, tingkat kesuburan seseorang menurun seiring bertambahnya usia. Karenanya, beberapa wanita lebih sulit merencanakan kehamilan di usia yang sudah tidak lagi muda.

Namun demikian, kondisi kesehatan organ reproduksi juga turut mempengaruhi peluang kehamilan. Penyakit seperti endometriosis, kanker di sistem reproduksi, serta infeksi menular seksual, juga bisa mengurangi peluang hamil.

Tak kalah penting, kualitas sel sperma juga turut menentukan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)