Senin, 09 Mei 2022 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sehat Untuk Meningkatkan Kehidupan Seksual

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
fantasi seksual Foto: iStock
Jakarta -

Membangun kebiasaan yang sehat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh pribadi namun juga berpengaruh pada aktifitas seksual dengan pasangan.

"Kebiasaan yang sehat dan perubahan gaya hidup sehat dapat meningkatkan libido, meningkatkan kehidupan seks, dan mungkin juga membantu mengatasi masalah-masalah seksual seperti disfungsi ereksi dan disfungsi seksual wanita," ujar dr Cynthia Haines, Kepala Petugas Medis di HealthDay, dikutip dari everydayhealth pada Senin (9/5/2022).

Ia menyatakan gairah dan fungsi seksual bergantung pada sistem kardiovaskular yang sehat dan keseluruhan kesehatan yang baik. Hal ini bisa dicapai dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

"Gairah dan fungsi seksual bergantung pada sistem kardiovaskular yang sehat dan kesehatan keseluruhan yang baik, sehingga baik pria maupun wanita dapat meningkatkan kehidupan seks mereka dengan mempertahankan gaya hidup yang sehat," tuturnya.

Berikut ini 7 gaya hidup sehat yang bisa kamu coba sekarang agar kehidupan seksualmu makin baik.

Berhenti Merokok

Nikotin dalam tembakau rokok bisa menyempitkan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan pembuluh darah. Terutama pembuluh darah kecil di penis yang sangat rentan terhadap kerusakan ini - dengan demikian merokok dapat berdampak negatif pada kehidupan seksmu.

Olahraga Ringan

Olahraga yang teratur dapat membantu pria maupun wanita memperbaiki kehidupan seks mereka dan meningkatkan libido.

Latihan rutin menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, penting untuk libido dan ereksi.

Menurut dr Jennifer Berman, direktur pusat kesehatan wanita Berman di Beverly Hills, olahraga juga dapat meningkatkan kadar hormon seks serta hormon endorfin, membantu wanita merasa lebih baik, dan memperbaiki citra tubuh.

Mengurangi Stres

Teknik pengendalian stres seperti meditasi dan yoga dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks.

"Hormon penyembuh dihasilkan tubuh ketika melakukan meditasi," ujar dr Berman.

Tidur yang Cukup

Kekurangan tidur dikaitkan dengan permasalahan ereksi dan respon seksual pada wanita. Tidur yang cukup dapat meningkatkan libido dan kehidupan seksualmu.

Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

"Alkhohol berlebih dapat memperparah kecemasan," ujar dr Berman. Beberapa orang dianjurkan untuk bijak dalam konsumsi minuman beralkohol.

Ia menyarankan sekali minum sehari saja untuk wanita, dan dua kali untuk pria.

Kurangi Kafein

Kafein adalah salah satu vasoconstrictor, yang berarti memiliki efek negatif pada aliran darah. Tetapi, ada beberapa bukti bahwa cokelat, yang mengandung kafein, dapat berdampak positif terhadap libido.

Meskipun tidak ada bukti yang pasti bahwa kafein berkaitan dengan disfungsi ereksi atau masalah gairah seksual pada wanita, para dokter tahu bahwa kafein dapat membatasi kerja pembuluh darah, sehingga menjaga konsumsi hingga kadar yang bijak merupakan tindakan lebih baik.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang kaya antioksidan, berefek baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

Dengan begitu hal ini dapat meningkatkan libido dan meningkatkan kehidupan seksmu.

"Pola makan Mediterania, yang didasarkan pada buah dan sayuran serta makanan dengan asam lemak omega-3, sangat bagus untuk kesehatan seksual yang baik," pungkas dr Berman.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)