Jumat, 13 Mei 2022 21:30 WIB

3 Tips Seks Tetap Memuaskan Setelah Menopause

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Konsumsi Produk Susu Berlebihan Bisa Pengaruhi Ereksi dan Gairah Seks Tips seks tetap memuaskan setelah menopause (Foto: iStock)
Jakarta -

Setelah masuk masa menopause banyak yang mengeluhkan penurunan mood dalam melakukan aktifitas seksual.

Dikutip dari Stamford Health, pada beberapa wanita penurunan hormon estrogen setelah menopause menyebabkan kekeringan dan penipisan pada vagina. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit saat berhubungan seks.

Namun bukan berarti setelah menopause aktifitas seksual tidak bisa dilakukan. Berikut ini 3 tips agar tetap menikmati seks yang memuaskan setelah menopause.

Gunakan Pelumas

Setelah menopause, tingkat sirkulasi estrogen dan testosteron dalam tubuh menurun. Hal ini dapat menyebabkan atrofi vagina (penipisan jaringan vagina), iritasi, pembengkakan dan kekeringan. Tentu hal ini menyebabkan penetrasi seksual menjadi terasa sakit.

Solusinya adalah gunakan pelumas yang tepat untuk membuat vagina tetap lembab dan mengurangi rasa sakit saat penetrasi. Gunakan pelumas berbahan dasar air (water-based), atau dengan bahan alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun.

Memakai Vibrator

Menopause tidak hanya berefek pada perubahan fisik tetapi juga perubahan mental. Wanita mulai berpikir beda tentang tubuh dan kehidupan seksualitas mereka.

Stimulasi mandiri atau masturbasi tetap penting untuk kesehatan seksual. Penggunaan vibrator telah terbukti meningkatkan aliran darah di daerah genital. Peningkatan aliran darah tidak hanya meningkatkan gairah, tapi juga meningkatkan pengiriman estrogen ke area tersebut, yang dapat membantu pelumasan alami pada area genital.

Membangun Mood

Membangun mood seksual setelah menopause cukup kompleks. Faktor fisik dan emosional memainkan peran, dan masing-masing berbeda untuk pria dan wanita.

Bukan berarti mood tersebut tidak bisa dibangun. Dedikasikan waktu untuk lebih intim dengan pasangan. Nikmati makan malam dengan cahaya lilin, berjalan-jalan bersama, atau saling mengusap punggung.

Seks setelah menopause mungkin terasa berbeda, namun dengan beberapa usaha masih bisa sangat memuaskan.



Simak Video "Geger Fetis Mata Diperban"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)