Minggu, 22 Mei 2022 05:19 WIB

Pria Wajib Tahu! Ragam Warna Air Mani Berikut Menandakan Masalah Kesehatan

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
ilustrasi sperma Ragam warna air mani (Foto: iStock)
Jakarta -

Umumnya, air mani para pria berwarna abu-abu keputihan atau jernih dan memiliki tekstur seperti jelly. Warna tersebut masuk ke dalam kategori "normal" yang artinya tubuh sedang memiliki kesehatan yang baik.

Meski begitu, air mani juga dapat berubah warna seperti menjadi warna kuning, hijau, coklat, bahkan hingga hitam. Biasanya, perubahan warna tersebut terjadi karena berbagai faktor seperti gaya hidup.

Tidak hanya itu, warna air mani tertentu dapat menjadi sebuah "penanda" bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Dikutip dari Healthline, berikut hubungan warna air mani dengan kondisi kesehatan tubuh.

1. Air Mani Berwarna Kuning atau Hijau

Biasanya, air mani yang berwarna kuning atau hijau menandakan adanya campuran air mani yang melewati uretra dengan urine yang terperangkap atau tersisa. Kondisi ini paling umum terjadi jika pria ejakulasi sesaat setelah buang air kecil.

Namun, adanya urine di air mani dapat menunjukkan kondisi medis lainnya yang lebih serius seperti infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, obstruksi kandung kemih, hingga infeksi prostat (prostatitis).

Air mani dengan warna ini juga dapat menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius. Contohnya adalah penyakit kuning (jaundice) dan leukocytospermia (terlalu banyak sel darah putih dalam air mani) yang dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual atau infeksi virus.

2. Air Mani Berwarna Merah Muda, Merah, Coklat, atau Oranye

Semburat warna merah muda atau merah biasanya merupakan gejala adanya kandungan darah segar. Warna kecoklatan atau oranye biasanya merupakan gejala kandungan darah yang lebih tua.

Air mani yang berdarah, yang juga dikenal sebagai hematospermia, biasanya dikaitkan dengan beberapa kondisi medis seperti:

  • Biopsi atau operasi prostat: Prosedur ini dapat memasukkan darah ke saluran kemih atau saluran ejakulasi, menyebabkannya perubahan warja menjadi kemerahan, merah muda, atau kecoklatan.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi): Kondisi ini terkadang dapat menyebabkan darah muncul di air mani, apalagi jika kondisinya tidak diobati.
  • Penyakit menular seksual: Penyakit seperti herpes, klamidia, dan gonore dapat menyebabkan darah muncul di air mani.
  • Infeksi prostat (prostatitis): Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central menunjukkan bahwa prostatitis juga dapat menyebabkan air mani berdarah.
  • Lama tidak orgasme: Tidak mengalami orgasme untuk waktu yang lama atau berhenti sendiri sebelum ejakulasi dapat menyebabkan darah masuk ke air mani.
  • Kanker prostat atau testis

NEXT: Air Mani Berwarna Hitam

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]