Kamis, 12 Mei 2022 21:00 WIB

Fakta Kedalaman Vagina, Saat Terangsang Bisa Sepanjang Apa?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Foto: iStock
Jakarta -

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya sebenarnya berapa rata-rata kedalaman vagina. Bahkan, sebagian orang mungkin kerap salah paham menduga ukuran kedalaman vagina tidak terbatas.

Berbicara mengenai vagina maka kita juga seharusnya mengetahui anatomi pribadi wanita ini. Vagina merupakan saluran otot tertutup yang membentang dari vulva ke leher rahim.

Warna, ukuran, dan bentuk vagina bervariasi. Ada yang berbentuk bulat seperti telur yang kecil, tetapi ada juga yang memiliki ukuran besar dan berbentuk seperti silindris.

Berapa sebenarnya ukuran rata-rata kedalaman vagina saat ereksi? Berikut 6 fakta mengenai kedalaman vagina yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

Vagina Bisa Melebar

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Obstetrics & Gynaecology, rata-rata kedalaman vagina adalah 3,77 inci atau 9,6 cm. Jika dibandingkan dengan ukuran penis rata-rata dengan panjang 13,3 cm dan lingkar 10,6 cm, saat ereksi.

Namun mirip dengan alat kelamin laki-laki, saat terangsang vagina bisa melebar antara 10,8 cm dan 12 cm. Menurut Go Ask Alice di Columbia University, hal tersebut disebabkan oleh gairah seksual yang menyebabkan serviks dan rahim naik saat dua pertiga bagian atas vagina memanjang.

Menjadi Lebih Panjang

Ketika berhubungan seks, saluran vagina bisa lebih panjang karena mengakomodasi penetrasi. Gairah seksual memaksa serviks dan rahim terangkat dan menyingkir yang menyebabkan dua pertiga bagian atas vagina memanjang.

Tetapi jika merasakan penis mengenai leher rahim yang lebih besar dari ukuran penis rata-rata, maka panjangnya sekitar 12 cm saat ereksi.

Tidak Bisa Direngangkan Permanen

Vagina bersifat elastis, sehingga dapat mengembang dan menutup kembali seperti karet gelang. Jika vagina menjadi longgar dari waktu ke waktu, hal ini mungkin akibat wanita yang telah melahirkan beberapa kali. Selain itu penuaan juga dapat melemahkan otot-otot vagina, terlepas dari persalinan.

Klitoris dapat Membesar

Saat terangsang, klitoris akan membengkak. Klitoris tidak akan berubah ukuran secara drastis seperti penis ketika terangsang secara seksual, tapi tetap ada peningkatan ukuran.

Vagina Merenggang Usai Persalinan

Saluran vagina dan lubang vagina akan merenggang ketika melahirkan. Beberapa wanita yang melahirkan mungkin melihat perubahan pada vagina seperti terasa longgar atau kering, atau terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Bahkan juga bisa merasakan sakit dan nyeri. Hal ini sangat normal.

Tidak perlu khawatir karena vagina bisa kembali kencang dalam beberapa hari setelah melahirkan dan akan kembali ke bentuk semula sekitar enam bulan setelah melahirkan. Meskipun penampilan vagina mungkin tidak akan persis sama.

Lakukan Kegel Supaya Lebih Kencang

Seiring waktu, otot-otot dasar panggul wanita dapat melemah sebagai akibat dari persalinan, pembedahan, penuaan, mengejan karena sembelit atau batuk dan penambahan berat badan.

Latihan kegel dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih, rahim, rektum dan usus kecil. Bahkan kegel dapat mencegah atau mengontrol inkontinensia urine atau feses.

Saksikan juga Viral: Mengunjungi Kediaman Badut Cilik Cantik yang Viral di Sosmed

[Gambas:Video 20detik]



(Dzihni Ismah Hanifah/fds)
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya