Kamis, 12 Mei 2022 18:00 WIB

Ini Perjalanan Gejala Hepatitis pada Anak, Waspada Tanda Seriusnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff
Jakarta -

Hepatitis misterius kini merebak, menyerang anak-anak di sejumlah negara termasuk Indonesia. Sejumlah pakar mengingatkan penting untuk masyarakat mengenali gejala agar bisa memberikan tindakan secepat mungkin jika anak mengalami gejala serupa hepatitis.

Spesialis kedokteran keluarga layanan primer sekaligus Ketua Departemen dan Staf Pengajar Departemen Kedokteran Komunitas FKUI, Dr dr Retno Asti Werdhani, MEpid menjelaskan, masa inkubasi hepatitis sangat bergantung pada imunitas tubuh. Semakin rendah tingkat imunitas, semakin berisiko pasien mengalami peningkatan gejala klinis.

Jika sudah mengalami perburukan gejala berupa perubahan warna air kencing menjadi warna seperti teh, disertai warna feses memucat, pasien mungkin sudah memerlukan perawatan inap di rumah sakit.

"Masa inkubasinya sangat tergantung imun tubuh kita. Kalau kita menang melawan virus tersebut, imun tubuh kita baik, kita tidak sampai ke gejala klinis. Tapi kalau imun tubuh kita kalah, itu bisa menjadi gejala klinis," ujarnya dalam webinar 'Kesehatan Infeksi Emerging: Hepatitis Akut Berat yang Belum Diketahui Penyebabnya', Kamis (12/5/2022).

"Mungkin saja awal ringan, mual, muntah, diare, dan demam yang bisa tatalaksana di layanan primer. Tapi kalau sudah lanjut seperti ini, kencing seperti teh, BAB dempul, kita harus melakukan rujukan ke rumah sakit rawat inap. Apalagi kalau tadi ada hepatitis fulminan akan ke ICU. Kita tidak ingin sampai situ," imbuh dr Asti.

Terkait risiko tersebut, dr Asti mengingatkan masyarakat untuk terus mengupayakan peningkatan imunitas. Di antaranya dengan menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, serta menjaga daya tahan tubuh dengan asupan nutrisi yang baik.

"Karenanya, apa yang perlu kita lakukan? Kita cegah dengan cuci tangan, memakai masker, dan sanitasi lainnya. Tapi kalau sudah terlanjur masuk tubuh kita, kita juga nggak tahu, kita tingkatkan imun tubuh kita. Dengan apa? Dengan cuci tangan, nutrisi, kebugaran, dan istirahat yang cukup," pungkasnya.



Simak Video "CDC Imbau Dokter Terkait Ditemukannya Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)