Rabu, 08 Jun 2022 21:00 WIB

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Orgasme yang Tak Disangka-sangka

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Mengalami orgasme dengan diri sendiri atau juga pasangan bisa meningkatkan kenikmatan seksual dan beberapa manfaat kesehatan lainnya, seperti mengurangi stres atau meningkatkan mood.

Selain itu, apa saja manfaat orgasme untuk kesehatan tubuh?

Dikutip dari Healthline, berikut 5 manfaat orgasme untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Mood

Orgasme dapat melepaskan hormon perasaan baik ke dalam aliran darah yang bisa membuat bahagia, lebih tenang, dan stres berkurang. Menurut Kate White, profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Boston, Amerika Serikat, hormon -hormon tersebut adalah hormon oksitosin atau hormon cinta yang berkaitan perasaan cinta serta keterikatan.

Kemudian ada hormon endorfin yang memicu rasa bahagia dan mengurangi stress, dan serotonin yaitu hormon yang membantu mengatur suasana hati.

2. Orgasme bisa membantu untuk terhubung dengan tubuh

Orgasme juga bisa mengungkapkan apa yang normal dan apa yang bermasalah dalam hal kesehatan seksual.

"Sangat membantu untuk mengetahui seperti apa tubuh Anda dan bahkan baunya, karena jika Anda tidak tahu apa yang normal untuk tubuh Anda, sangat sulit untuk mengidentifikasi ketika ada sesuatu yang salah," kata Levkoff penasihat American Association of Sexuality Educators, Counselors, and Therapists kepada Health.

Mengalami orgasme juga bisa menciptakan tingkat kenyamanan dengan tubuh sendiri dan tanpa tingkat kenyamanan itu, mungkin kamu akan ragu untuk berbagi kesehatan dengan dokter.

3. Orgasme meningkatkan kualitas tidur

Banyak orang yang beranggapan bahwa orgasme bisa membuat mereka mengantuk, karena adanya hormon relaksasi yang berada di sistem tubuh setelah mengalami orgasme. Orgasme juga mirip dengan relaksasi otot progresif yaitu teknik relaksasi untuk mengepalkan otot sekencang mungkin dan kemudian melepaskannya. Melepaskan ketegangan dapat membantu orang tertidur dengan cara yang sama seperti otot berkontraksi dan kemudian melepaskannya selama klimaks.

4. Orgasme mempertahankan otot dasar panggul

Orgasme adalah serangkaian otot kontraksi otot dan kontraksi ini dapat membantu untuk mempertahankan dan memperkuat dasar panggul. Bahkan, kontraksi orgasme juga memiliki kemiripan dengan latihan kegel.

Orgasme akan meningkatkan kesehatan dasar panggul dengan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul yang mendukung pertumbuhan otot.

5. Sebagai penghilang rasa sakit

Hormon endorfin dan oksitosin yang dihasilkan saat orgasme juga bisa menjadi penghilang rasa sakit alami.

"Perasaan menyenangkan itu cenderung menghilangkan rasa sakit," kata Levkoff, mencatat bahwa ini mungkin mengapa beberapa orang menemukan bahwa orgasme meredakan kram menstruasi.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)