Jumat, 24 Jun 2022 07:40 WIB

Ereksi Pagi Tak Selalu Bikin Happy, Perlu Dijinakkan Jika Seperti Ini

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept. Ereksi tak selalu bikin happy (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov)
Jakarta -

Sebagian besar pria bangun pagi dalam kondisi penis yang ereksi. Hal tersebut normal dan dinamakan dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT).

Hal ini terjadi umumnya pada pria usia muda, meskipun tidak menutup kemungkinan pria yang berusia lanjut juga mengalaminya.

Dikutip dari Healthline, umumnya seorang pria yang mengalami ereksi pagi akan kembali mereda dalam waktu sekitar 30 menit setelah bangun pagi.

Jika seorang pria mengalami ereksi pagi lebih dari satu jam dan menimbulkan rasa sakit, maka hal tersebut bisa terdapat masalah pada alat kelaminnya dan lebih baik untuk dibawa ke dokter untuk diperiksa.

Sebenarnya tidak ada ukuran seberapa sering seseorang harus mengalami ereksi di pagi hari. Beberapa pria mengalami hal tersebut setiap hari, namun beberapa yang lainnya hanya mengalaminya kurang dari sekali dalam seminggu.

Ketika dirasa hal tersebut menjadi sebuah masalah, maka hal yang paling tepat adalah mengunjungi dokter dan menanyakan perihal tersebut.

Ereksi terkadang terjadi secara tiba-tiba dan sebagian pria tidak menyukai hal tersebut. Berikut beberapa tips untuk meredakan ereksi secara alami.

1. Mengalihkan Perhatian

Salah satu hal yang harus dilakukan seorang pria untuk meredakan ereksi yang tidak diinginkan adalah dengan mengalihkan perhatian ke hal lain. Jangan memikirkan ereksi dan hal lain yang dapat membangkitkan gairah.

Seorang pria yang dapat menjaga pikiran agar tetap sibuk dapat membantunya untuk mencegah dari terjadinya ereksi yang tidak diinginkan.

2. Menggeser Posisi

Pada beberapa kasus, pakaian yang dikenakan dan cara bergerak atau duduk dapat merangsang penis sehingga terjadi ereksi. Mengubah posisi dapat membantu menghilangkan rangsangan tersebut dan menghentikan ereksi.

Menggeser posisi juga dapat menyembunyikan ereksi seroang pria. Jika celana yang dikenakan mempunyai saku, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan mengubah posisi ereksi secara lembut melalui saku, hal itu juga dapat menjadi cara untuk menyembunyikan ereksi.

3. Meditasi

Meditasi juga dapat menjadi cara untuk menghindari ereksi, seperti saat dipijat atau situasi lain yang biasanya membuat seorang pria bergairah.

Jika baru dalam hal meditasi, bernapaslah dengan normal dan fokus, hal ini dikenal sebagai meditasi fokus dan konsentrasi. Alihkan juga pikiran dari hal-hal yang membuat terjadinya ereksi.

Meditasi tidak hanya membuat seseorang rileks, tetapi juga membantu untuk meredakan ereksi.

4. Tetap Tenang

Bagi sebagian pria menunggu ereksi mereda dengan sendirinya adalah solusi paling sederhana. Jika mampu, duduklah dan atur napas serta jangan panik.

Jika pada saat itu sedang menggunakan jaket atau kemeja panjang, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan ereksi dari penglihatan orang lain.

5. Mandi Air Dingin

Jika kondisi memungkinkan, seorang pria dapat mengguyur tubuhnya menggunakan air dingin dengan tujuan untuk meredakan ereksinya.

Namun, bagi sebagian pria hal tersebut justru menjadi kebalikannya. Air dingin yang mengguyur tubuh mereka dapat meningkatkan gairah yang berakibat pada terjadinya ereksi, sehingga harus berhati-hati ketika akan menggunakan metode ini.

NEXT: Gagal ereksi di pagi hari, normalkah?

Selanjutnya
Halaman
1 2